Rabu, 3 Juli 2024

Jokowi Presiden Mengapresiasi Peningkatan Citra Positif Polri di Mata Masyarakat

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden melakukan inspeksi pasukan Polri pada puncak peringatan Hari Bhayangkara ke-78 yang berlangsung di Monas, Jakarta Pusat, Senin (1/7/2024). Foto: Farid suarasurabaya.net

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) pada hari ini, Senin (1/7/2024), menggelar puncak perayaan Hari Bhayangkara ke-78 di Pelataran Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kali ini perayaan Hari Bhayangkara dihadiri ribuan warga masyarakat dari daerah Jakarta dan sekitarnya.

Pantauan suarasurabaya.net di lokasi, pukul 15.00 WIB, massa sudah memadati sekitaran Monas.

Prosesi upacara dimulai sekitar pukul 16.00 WIB, beberapa menit sesudah Joko Widodo Presiden yang bertindak sebagai Inspektur Upacara hadir.

Hadir juga di lokasi acara, antara lain Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo Kapolri beserta jajaran pejabat utama Mabes Polri, dan personel kepolisian dari semua satuan.

Lalu, ada Jenderal Agus Subiyanto Panglima TNI, dan Prabowo Subianto Menteri Pertahanan sekaligus Presiden Terpilih periode 2024-2029.

Dalam amanatnya, Presiden berterima kasih atas kerja keras, pengabdian seluruh anggota Polri dalam menjaga stabilitas keamanan.

“Proses Pemilu 2024 dan agenda-agenda besar pembangunan berjalan lancar. Sehingga, perekonomian Indonesia mampu tumbuh di tengah tantangan dan ketidakpastian global,” ujarnya.

Kemudian, Jokowi mengapresiasi sejumlah hasil survei terbaru yang menempatkan citra Polri semakin baik di mata masyarakat, bahkan menempati urutan tertinggi kedua.

“Saya berharap itu bisa ditingkatkan atau paling tidak dipertahankan, dengan komunikasi publik yang baik, contoh teladan, dan membangun etika pelayanan yang berorientasi pada rakyat,” katanya.

Lebih lanjut, Presiden menginstruksikan Polri semakin lincah, adaptif, memiliki cara pandangan strategis, menjadi cooling system dan perekat kebhinekaan, serta profesional dan tidak tebang pilih dalam penegakan hukum.

Di akhir amanatnya, Jokowi mengingatkan Polri untuk menjaga netralitas, stabilitas dan demokrasi, supaya Pilkada 2024 berlangsung aman, jujur dan adil.

Sementara itu, Komjen Pol. Wahyu Widada Kabareskrim Polri selaku Ketua Panitia HUT Ke-78 Bhayangkara menyatakan, selain upacara dan defile dari berbagai korps Polri, kegiatan juga diisi dengan berbagai hiburan yang menampilkan keberagaman Budaya Indonesia.

Rangkaian acara puncak peringatan Hari Bhayangkara diharapkan bisa menjadi ajang berkumpulnya masyarakat bersama Polri dalam suasana gembira.

Dengan melibatkan banyak pihak, dia bilang, Polri berupaya menunjukkan kesiapannya melayani dan melindungi masyarakat sepenuh hati.

Sekadar informasi, tema utama Hari Bhayangkara Ke-78 yaitu Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas. (rid/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Rabu, 3 Juli 2024
28o
Kurs