Selasa, 2 Juli 2024

Jokowi Perintahkan Erick Thohir Tuntaskan Pembangunan Fasilitas HUT RI di IKN dalam Sebulan

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Erick Thohir Menteri BUMN saat melakukan peninjauan kesiapan fasilitas penunjang untuk perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu (29/6/2024). Foto: Antara

Erick Thohir Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendapat tugas dari Joko Widodo Presiden untuk menuntaskan fasilitas penunjang pelaksanaan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia, di Ibu Kota Nusantaran (IKN), Kalimantan Timur dalam waktu satu bulan.

“Dengan masih menyisakan waktu sekitar sebulan, kami optimis bisa menuntaskan arahan Presiden agar lapangan upacara dan Istana Negara bisa selesai sesuai waktu,” ujar Erick, Minggu (30/6/2024) mengutip Antara.

Menteri BUMN itu menyebut, pelaksanaan HUT perdana RI di IKN pada Sabtu 17 Agustus 2024 nanti akan membanggakan Indonesia karena dihadiri para tamu dari dalam dan luar negeri.

Sementara itu, mengenai pembangunan lapangan upacara dan Istana Negara yang kerja sama operasional (KSO) oleh PT PP (Persero) dan PT Wijaya Karya (Persero) telah terlaksana hingga 77,9 persen, atau di atas target sebelumnya 73 persen.

“Fasilitas yang telah terbangun di antaranya area Plaza Tamu Agung, lapangan upacara, area lobi, dan area kolom 34 pilar,” katanya.

Kemudian, lanjut Erick, pada area interior seperti ruang kredensial, ruang Bendera Pusaka, dan ruang kegiatan resmi hampir siap digunakan untuk menyambut tamu dalam negeri dan luar negeri.

Novel Arsyad Direktur Utama PT PP menyatakan, perseroan optimis menyelesaikan proyek-proyek yang diamanahkan di IKN, terutama proyek lapangan upacara dan Istana Negara akan selesai sesuai target Presiden RI.

“Dalam penyelesaian proyek-proyek, PT PP berkomitmen selalu mengedepankan keamanan dan kualitas pekerjaan,” ungkapnya.

Senada, Muhammad Hanugroho Direktur Utama PT Waskita Karya optimistis proyek gedung Sekretariat Presiden, Kementerian Koordinator 3 dan 4 selesai di 2024.

Untuk diketahui, PT Waskita Karya (Persero) Tbk. juga bertanggung jawab dalam pembangunan Gedung Sekretariat Presiden yang telah mencapai 91,12 persen, Kementerian Koordinator 3 yang meliputi bidang politik dan keamanan 80,14 persen, serta Kementerian Koordinator 4 yang mencakup bidang pembangunan manusia dan kebudayaan 85,22 persen.(ant/wld/rid)

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 2 Juli 2024
29o
Kurs