Kamis, 19 September 2024

Jokowi Menganggap Wajar Kenaikan Anggaran HUT Kemerdekaan Indonesia Tahun Ini

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden.memberikan keterangan di Jakarta Convention Center, Jumat (9/8/2024). Foto: Farid suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden menyatakan, naiknya anggaran peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Indonesia masih dalam taraf wajar.

Menurutnya, anggaran tahun ini mengalami kenaikan karena acara secara nasional digelar di dua lokasi, Istana Kepresidenan Jakarta dan Istana Kepresidenan yang ada di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Pernyataan tersebut disampaikan Presiden, hari ini, Jumat (9/8/2024), usai meninjau Expo Festival Lingkungan Hidup, Iklim, Kehutanan dan Energi 2, di JCC, Senayan, Jakarta.

“Ya, namanya dulu di satu tempat, ini karena ada transisi jadi di dua tempat. Tapi, ini kan lompatan yang saya kira biasa wajar, dan anggarannya di Setneg,” ujar Jokowi.

Sebelumnya, Pratikno Menteri Sekretaris Negara membenarkan anggaran untuk upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia naik. Tapi, dia mengklaim kenaikannya tidak terlalu signifikan.

Salah satu faktor yang menyebabkan kenaikan anggaran adalah biaya sewa kendaraan untuk mengangkut tamu undangan dan peserta upacara di IKN.

Setya Utama Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara mengungkapkan, pemerintah menyewa sekitar 100 unit kendaraan untuk kebutuhan operasional upacara HUT Kemerdekaan Indonesia di IKN.

Sedangkan untuk mobilisasi dari dan menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN, menggunakan sarana transportasi massal seperti bus.

Sementara, Yusuf Permana Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden mengatakan, upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia akan digelar secara hybrid.

Upacara yang dipimpin Jokowi Presiden akan digelar di IKN. Sedangkan kesenian dan hiburan akan diadakan di Istana Kepresidenan Jakarta.(rid/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 19 September 2024
27o
Kurs