Jumat, 20 September 2024

Jokowi Groundbreaking Proyek PT Intiland Development di IKN

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden melakukan peletakan batu pertama proyek PT Intiland Development Tbk, di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (12/8/2024). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, hari ini, Senin (12/8/2024), melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) proyek PT Intiland Development Tbk, di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Proyek besar yang terdiri atas Grand Whiz Nusantara, Nusantara Quarter, dan Royale Nusantara Golf Resort & Residence itu menjadi tonggak penting dalam pengembangan IKN sebagai pusat pemerintahan baru Indonesia.

Dalam sambutannya, Presiden mengapresiasi investasi yang dilakukan PT Intiland. Dia menekankan, pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Nusantara bukan sekadar pemindahan fisik, melainkan perubahan pola pikir, pola kerja, dan mobilitas masyarakat.

“Karena beda, di sana nanti masih banyak yang mobil combustion, di sini semuanya harus mobil listrik,” ujarnya.

Jokowi juga menyorot pentingnya konsep green building yang diusung dalam proyek PT Intiland. Presiden menyatakan, pemerintah akan memberikan dukungan penuh infrastruktur di luar kawasan inti IKN.

“Jadi, tetap jalan yang membangun pemerintah, saluran air yang membangun pemerintah, listrik yang memberikan juga dari pemerintah, dan akan dimulai nanti pada bulan Januari tahun depan. Anggarannya sudah kami masukkan di RAPBN, karena saya tahu ini yang banyak dan sering ditanyakan tidak ada masalah meskipun presidennya sudah berganti bulan Januari nanti,” paparnya.

Lebih lanjut, Presiden menekankan pentingnya aksesibilitas di IKN, dengan prioritas diberikan kepada pejalan kaki dan pengguna sepeda.

Dalam rapat kabinet paripurna, Kepala Negara juga membahas pengembangan ekonomi hijau, perbankan digital, dan pusat data di IKN.

“Di Kalimantan dalam sejarahnya belum pernah ada yang namanya gempa bumi. Sehingga, untuk data center akan sangat bagus kalau didirikan di sini, dan juga financial center, sudah tanda tangan MoU dengan Dubai Finance Center dan akan segera dimulai apabila regulasi-regulasi nanti sudah siap untuk diluncurkan,” ucapnya.

Sedangkan untuk meningkatkan aksesibilitas ke IKN, Jokowi menyampaikan kabar baik mengenai penyelesaian jalan tol dan pembangunan Bandara Nusantara.

Presiden optimistis akses dari berbagai kota besar di Indonesia ke IKN akan makin cepat setelah infrastruktur tersebut selesai.

“Saya rasa kalau dua fasilitas infrastruktur ini selesai, tolnya selesai, airportnya selesai, nanti akan kelihatan betapa dekatnya antara Jakarta dan Nusantara, Surabaya ke Nusantara, Bandung ke Nusantara, Medan ke Nusantara, Makasar ke Nusantara, karena bisa langsung dari airport menuju ke kawasan ini hanya kurang lebih 15 menit,” tandasnya.(rid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
24o
Kurs