Minggu, 8 September 2024

Jokowi dan Iriana Ajak Masyarakat Mencintai Kebaya sebagai Budaya Bangsa

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Joko Widodo Presiden didampingi Iriana Joko Widodo Ibu Negara waktu menghadiri puncak Hari Kebaya Nasional di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (24/7/2024). Foto: instagram @jokowi

Joko Widodo (Jokowi) Presiden dan Iriana Joko Widodo Ibu Negara mengajak masyarakat Indonesia untuk melestarikan kebaya sebagai bagian dari kebudayaan bangsa agar tetap hidup, pada peringatan Hari Kebaya Nasional.

“Saya bersama Ibu Iriana mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mencintai kebaya sebagai bagian dari budaya kita,” kata Kepala Negara dalam keterangan yang diunggah dalam akun instagramnya @jokowi, Rabu (24/7/2024).

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)


Melansir Antara, berdasarkan keterangan foto tersebut, Presiden menerangkan berbagai jenis kebaya dari Indonesia akan diajukan dalam nominasi UNESCO bersama empat negara ASEAN lainnya.

Kebaya-kebaya tersebut mulai dari kebaya Labuh dari Sumatra, kebaya Kutu Baru dari Jawa, kebaya Noni dari Sulawesi Utara, kebaya Nona dari wilayah Timur Maluku dan Papua, hingga kebaya Kerancang.

“Pada Hari Kebaya Nasional ini, mari kita melestarikan kebaya agar kebudayaan kita tetap hidup dan tidak punah,” kata Presiden.

Sebelumnya, Jokowi bersama Iriana menghadiri acara puncak Hari Kebaya Nasional di Istora Senayan, Jakarta, Rabu.

Memakai batik bernuansa cokelat dan putih, Presiden hadir didampingi Ibu Negara yang mengenakan kebaya biru berbahan beludru.

Pada puncak Hari Kebaya Nasional tersebut, Jokowi bersama Iriana dan hadirin menyaksikan pameran Kebaya Indonesia yang diperagakan oleh sejumlah figur publik, di antaranya Widyawati, Prilly Latuconsina dan Syifa Hadju.

Peringatan Hari Kebaya Nasional diadakan untuk pertama kalinya pada tahun ini setelah terbitnya Keppres Nomor 19 Tahun 2023 tentang Hari Kebaya Nasional. (ant/bil/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
26o
Kurs