Selasa, 17 September 2024

JK Temui Pemimpin Tertinggi Hamas di Qatar, Bahas Kekerasan di Jalur Gaza

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Jusuf Kalla Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI melakukan pertemuan dengan Pemimpin Tertinggi Hamas Ismail Haniye di Doha, Qatar, Jumat (13/7/2024) sore. Foto: Antara/ Tim Media JK

Jusuf Kalla Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI melakukan pertemuan dengan Ismail Haniye Pemimpin Tertinggi Hamas pada Jumat (13/7/2024) sore di Doha, Qatar, untuk membahas kondisi terkini Palestina khususnya Gaza.

“Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 2 jam tersebut, keduanya mendiskusikan secara serius bagaimana perang dan kekerasan di Jalur Gaza segera diakhiri demi kemanusiaan,” tulis tim media Jusuf Kalla yang dilansir Antara, Sabtu (13/7/2024).

Dalam pertemuan itu, JK disambut dengan hangat dan berbincang akrab bersama Haniye. JK yang juga Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Palang Merah Indonesia (PMI) menyampaikan harapannya kepada Ismail Haniye, untuk segera melakukan rekonsiliasi dengan kelompok Fatah agar mereka bersatu.

Sejumlah tokoh turut mendampingi JK dalam pertemuan antara lain Ridwan Hassan Duta Besar RI untuk Qatar, serta Hamid Awaludin mantan Menteri Hukum dan HAM RI.

Sebelumnya pada 6 Mei 2024, Hamid menjelaskan bahwa Hamas meminta JK untuk memediasi upaya mengakhiri konflik di Palestina.

Menurut data Kementerian Kesehatan Palestina di Jalur Gaza, sejak 7 Oktober 2023 hingga 8 Juli 2024 sebanyak 38.193 orang tewas akibat serangan Israel ke Jalur Gaza.

Sementara itu sebanyak 87.903 warga Palestina mengalami cedera akibat serangan. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Selasa, 17 September 2024
25o
Kurs