Minggu, 8 September 2024

Jemaah Haji Asal Jatim yang Wafat Capai 17 Persen Secara Nasional

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Ilustrasi. Jemaah haji Indonesia ketika menjalani mabit di Muzdalifah. Foto: Kemenag

Angka jemaah haji asal Jawa Timur yang meninggal dunia di Tanah Suci mencapai 77 orang. Angka tersebut setara 17 persen dari total jumlah jemaah haji yang wafat secara nasional.

Nantinya para jemaah haji wafat itu bakal memperoleh asuransi sebesar minimal Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) per embarkasi.

“Jumlah ini sekitar 17 persen dari total jemaah haji secara nasional yang wafat di Tanah Suci yakni 450 orang,” kata Abdul Haris Sekretaris PPIH Debarkasi Surabaya dalam keterangannya, Jumat (19/7/2024).

Memasuki masa pemulangan jemaah haji di pekan terakhir ini, Haris menyebut masih ada sejumlah jemaah yang menjalani perawatan di rumah sakit Arab Saudi karena masalah kesehatan.

Haris menyatakan, pihaknya bakal terus memantau perkembangan kondisi para jemaah haji yang jumlahnya mencapai 14 orang tersebut.

“Di antara puluhan ribu jemaah yang telah kembali, masih ada 14 jemaah Debarkasi Surabaya yang hingga kini dirawat di rumah sakit di Arab Saudi,” ungkapnya.

Berkaitan dengan pekan akhir pemulangan jemaah haji, Abdul Haris menuturkan sudah ada 34.397 jemaah tiba di Debarkasi Surabaya yang tergabung dalam 93 kloter.

“Dengan demikian 88 persen jemaah (Debarkasi Surabaya) dari total 39.264 jemaah telah tiba di Tanah Air,” pungkasnya.(wld/ham/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
26o
Kurs