Selasa, 22 Oktober 2024

Jelang Sidang Kabinet Perdana di IKN, PUPR Siapkan 14 Rumah untuk Menteri

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Pekerja pembersih ruangan melintasi salah satu rumah menteri di kawasan Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) di Jalan Sumbu Barat, IKN, Kalimantan Timur, Selasa (30/7/2024). Foto: Antara

Basuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyebut, 14 Rumah Tapak Jabatan Menteri siap dimanfaatkan oleh para menteri yang menghadiri sidang kabinet perdana di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

“Sebanyak 14 Rumah Tapak Jabatan Menteri siap untuk dimanfaatkan,” kata Basuki di Jakarta, Jumat (2/8/2024) seperti dilansir Antara.

Nantinya penempatan dan pengaturan rumah jabatan itu bakal disesuaikan oleh Kementerian Sekretariat Negara.

“Nanti yang mengatur Bapak Menteri Sekretariat Negara, siapa ditempatkan di mana,” kata Basuki yang juga Plt. Kepala Otorita IKN.

Sebagai informasi, Joko Widodo Presiden dijadwalkan menggelar sidang kabinet bersama para menteri Kabinet Indonesia Maju perdana di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur pada Senin, (12/8/2024).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan sebanyak 14 unit rumah menteri dari total 36 unit sudah siap furnished.

Rumah tapak jabatan menteri berlokasi di area Persil 105, meliputi kavling 1 hingga 10 yang dilaporkan PUPR rampung 99,75 – 100 persen.

Sebanyak 36 unit rumah menteri ini terdiri atas bangunan di downslope sebanyak 11 unit dan bangunan upslope sebanyak 25 unit di atas lahan seluas 20,4 hektare.

Sebanyak 14 unit rumah menteri yang telah terisi perabot, di antaranya akan ditempati Basuki Hadimuljono Menteri PUPR dan Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan.

Perabotan tersebut berupa kursi dan meja di ruang makan, kerja dan ruang tamu, dipan dan kasur, lemari pakaian, hingga perlengkapan dapur. “Seluruh perabotan merupakan produksi dalam negeri,” imbuhnya.

Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) berlokasi di Jalan Sumbu Barat berjarak sekitar 1 kilometer dari Istana Negara IKN.

Kawasan Rumah Tapak Jabatan Menteri juga telah ditunjang prasarana fungsional, yaitu jalan kawasan di persil 105, persil 105, pedestrian persil 105. Fasilitas pendukung fungsional yaitu pool sampah hingga rumah genset.(ant/wld/faz)

 

 

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Selasa, 22 Oktober 2024
28o
Kurs