Minggu, 6 Oktober 2024

Jelang Piala AFF-U19 2024, PLN Pastikan Pasokan Listrik Aman di GBT dan Stadion Tambaksari

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi - Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya menjadi salah satu venue sepakbola dengan standar internasional di Indonesia. Foto: PLN

PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) mempersiapkan keandalan sistem transmisi untuk menyalurkan pasokan listrik selama Piala AFF U-19 2024 pada 17-29 Juli 2024 di Surabaya.

Turnamen yang akan diikuti 12 negara di Asia Tenggara tersebut, digelar di dua venue, yakni Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) dan Stadion Gelora 10 Nopember, Tambaksari, surabaya.

“Menjaga keandalan pasokan listrik dilakukan dengan melakukan berbagai pemeliharaan baik di Gardu Induk ataupun pada tower SUTT/ET (Saluran Udara Tegangan Tinggi/Ekstra Tinggi),” kata Amiruddin General Manager PLN UIT JBM.

Dalam keterangan resminya pada Senin (8/7/2024), Amiruddin mengatakan bahwa pihaknya memastikan sistem transmisi andal untuk memasok kebutuhan listrik selama penyelenggaraan Piala AFF U-19

“Pembersihan isolator dilakukan Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) pada akhir pekan lalu di delapan titik tower yang berada pada jalur SUTT 150kV Altaprima – Surabaya Barat dengan membersihkan polutan yang menempel pada isolator akibat polusi, hal ini untuk memastikan material transmisi berfungsi optimal menghadapi cuaca,” jabar Amiruddin.

Selain itu, Amiruddin menyebut, dalam pemeliharaan petugas juga melakukan validasi pada jalur right of ways (ROW). Tujuannya untuk pengamatan kondisi sepanjang jalur tower transmisi dipastikan aman dari gangguan eksternal atau benda asing maupun peralatan itu sendiri.

Amiruddin melanjutkan, pemeliharaan material transmisi penting dilakukan secara rutin, agar pasokan listrik tidak terganggu karena kondisi isolator yang terpapar polusi.

“Pengukuran corona pada SUTT juga dilakukan untuk memastikan keandalan sistem transmisi. Corona ini merupakan kondisi ketika penghantar terionisasi dan dapat menyebabkan partial discharge pada permukaan konduktor saluran transmisi ketika kuat medan listrik dari konduktor melebihi tegangan tembus dari udara sekeliling, sehingga terjadi rugi daya pada SUTT/SUTET,” jelas Amiruddin.

PLN UIT JBM berkomitmen mempersiapkan seluruh infrastruktur kelistrikan aman. Pemeliharaan dilakukan untuk memastikan kesiapan sistem transmisi andal dukung event berlangsung aman dan lancar. (saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 6 Oktober 2024
34o
Kurs