Kamis, 19 September 2024

Jelang HUT ke-79 RI, Trans Jatim Launching Rute Terminal Bunder Gresik-Pelabuhan Paciran Lamongan

Laporan oleh Akira Tandika Paramitaningtyas
Bagikan
Adhy Karyono Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur meresmikan rute baru Trans Jatim yakni, Terminal Bunder Gresik-Pelabuhan Paciran Lamongan, Selasa (9/8/2024). Foto: Pemprov Jatim

Rute terbaru bus Trans Jatim, Terminal Bunder Gresik-Pelabuhan Paciran Lamongan resmi dirilis Adhy Karyono Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, jelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI.

Adhy mengatakan, perluasan rute ini sebagai implementasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim untuk mewujudkan efisiensi mobilitas masyarakat.

“Hadirnya Trans Jatim Koridor I sampai IV mengurai kemacetan, mengurangi angka kecelakaan membantu masyarakat melakukan mobilitas atau bekerja, menurunkan gas emisi buang atau pemanasan global serta mengurangi volume kendaraan,” terangnya, Jumat (9/8/2024).

Adhy melanjutkan, akan ada 15 armada bus yang melayani rute baru itu, yang diharapkan tidak sekadar membantu mobilitas masyarakat saja, melainkan juga ramah dari sisi ekonomi.

“Tarif tiket umum Rp5.000 sedangkan pelajar/santri Rp2.500 dapat menikmati Trans Jatim. Menariknya, apabila masih kurang dari 2 jam perpindahan koridor Trans Jatim masih diberlakukan tiket gratis,” ungkap Adhy.

Sementara itu, selama sembilan hari launching yakni, mulai 9-17 Agustus 2024, tarif Trans Jatim akan dibebaskan untuk masyarakat.

Adhy yakin, hadirnya Trans Jatim Koridor IV ini selain menumbuhkan sektor ekonomi juga pariwisata di pesisir Lamongan – Gresik.

Trans Jatim, lanjut Adhy, nantinya juga akan didukung dengan aplikasi TRANSJATIM-AJAIB (Aplikasi Jatim Informasi Bus) yang bisa diunduh masyarakat secara gratis.

Selain merilis rute terbaru, Pemprov Jatim juga mengenalkan tiga armada baru Luxury Trans Jatim yang menawarkan pengalaman mewah seperti, tidak ada penumpang berdiri, tempat duduk nyaman, dan tidak berdesakan.

Tarif Luxury Trans Jatim dinilai Adhy tidak terlalu membebani masyarakat dan mengganggu anggaran daerah.

“Untuk tarif Luxury Trans Jatim rute Gresik-Surabaya dibanderol Rp20.000, Surabaya-Porong Rp15.000, dan Porong-Gresik senilai Rp30.000,” katanya.

Sementara itu, Yuhronur Efendi Bupati Lamongan menyambut baik launching Trans Jatim dengan rute baru ini. Menurutnya, Trans Jatim menjadi salah satu upaya Pemprov Jatim menghadirkan pilihan transportasi umum yang ekonomis dengan pelayanan maksimal.

“Masyarakat Lamongan menyambut baik dan mendukung program provinsi Jawa Timur yang juga sejalan dengan misi Kabupaten Lamongan, yakni mewujudkan infrastruktur yang handal dan berkeadilan,” jelas Yuhronur.

Ke depan, Yuhronur berharap Pemprov Jatim mengembangkan Trans Jatim, utamanya koridor yang menghubungkan Lamongan dengan Mojokerto serta jalur Lamongan menuju Pelabuhan ASDP di Paciran.

“Sehingga adanya trans Jatim Koridor IV Gresik Lamongan tidak sekadar mendukung mobilitas masyarakat, melainkan juga meningkatkan ekonomi, wisata, UMKM maupun sektor lainnya,” tutupnya.(kir/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 19 September 2024
28o
Kurs