Jumat, 13 September 2024

Jatim Pertahankan Juara Umum LKS SMK Nasional

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Kontingen Jawa Timur usai menjadi juara umum Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Nasional 2024 di Bandar Lampung, Lampung. Foto: Dinas Pendidikan Jatim

Provinsi Jawa Timur mempertahankan gelar juara umum Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tingkat Nasional 2024 dengan memperoleh 15 medali emas, 10 perak, empat perunggu, dan delapan Medalillion for Excellent (MoE) atau total 37 medali.

Adhy Karyono, penjabat Gubernur Jatim dalam keterangan di Surabaya, Sabtu (24/8/2024), memuji tim yang berhasil mempertahankan juara umum kompetisi yang diselenggarakan Balai Pengembangan Talenta Indonesia Pusat Prestasi Nasional (BPTI Puspresnas) Kemendikbudristek di Kota Bandar Lampung, Lampung, tersebut.

“Selamat kepada para siswa atau kontingen Jawa Timur yang telah berhasil mempertahankan juara umum. Saya juga berterima kasih atas kerja keras para siswa dan semua pihak, pendamping, kepala sekolah, orang tua yang mendukung penuh selama proses persiapan pertandingan,” ujarnya seperti dilansir Antara.

Dia mengatakan pemusatan latihan selama sebulan baik yang dilakukan di sekolah maupun di DUDI menjadi kunci keberhasilan juara umum diraih kembali.

“Target kami di awal bukan main-main, mempertahankan juara umum. Tentu ini butuh perjuangan lebih dibanding meraih gelar juara. Ada tanggung jawab yang diemban siswa dan pendamping, ini juga butuh mental yang kuat. Alhamdulillah anak-anak kita berhasil membuktikan itu,” katanya.

Sementara itu, Aries Agung Paewai Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur mengaku bangga kepada para siswa SMK karena berhasil mempertahankan juara umum.

Selain sukses menyumbangkan pundi-pundi medali, Aries juga mengapresiasi para siswa yang telah berhasil meraih Medallion for Exchellent (MoE), yakni penghargaan yang diberikan kepada peserta yang tidak memperoleh medali tetapi berhasil mengumpulkan poin di atas 500 lebih. Peraih medali ini dikategorikan sebagai peserta dengan keahlian/kompetensi standar industri.

“Apresiasi tertinggi saya sampaikan kepada kalian yang sudah bekerja keras dan menunjukkan yang terbaik hingga kita ada di panggung megah ini dengan piala kemenangan sebagai juara umum LKS SMK Tingkat Nasional 2024,” kata Aries.(ant/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 13 September 2024
32o
Kurs