Rabu, 23 Oktober 2024

Jaringan Terduga Pelaku Bom Bunuh Diri di Batu Terafiliasi dengan ISIS

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Kombes Dirmanto Kabid Humas Polda Jatim waktu memberi keterangan di rumah kontrakan terduga pelaku bom bunuh diri di Kota Batu, Kamis (1/8/2024). Foto: Istimewa

Polri mengungkap jaringan HOK (19 tahun) terduga pelaku bom bunuh diri sebagai simpatisan kelompok teroris Daulah Islamiyah yang berafiliasi dengan ISIS.

Jaringan terduga pelaku itu terungkap setelah HOK diringkus Tim Densus 88 di Jalan Langsep, Kelurahan Sisir, Kecamatan Baru Malang, Rabu (31/7/2024) malam kemarin, sekitar pukul 19.15 WIB.

Kombes Pol. Dirmanto Kabid Humas Polda Jatim mengatakan, selain meringkus terduga pelaku HOK, Tim Densus 88 juga mengamankan dua orang lainnya untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

“Dari hasil penyelidikan, terduga pelaku berencana melakukan bom bunuh diri di tempat peribadatan di Malang,” ujar Dirmanto dalam keterangannya, Kamis (1/8/2024).

Saat ini Tim Densus 88 dan Polda Jatim sedang melakukan penggeledahan di salah satu rumah kontrakan milik terduga di kompleks perumahan Bunga Tanjung, dusun Jeding, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur.

Tim dari Laboratorium Forensik dan Jibom Polda Jatim melakukan penyisiran di rumah terduga pelaku. Dirmanto menyebut, HOK sudah tinggal di rumah kontrakan itu sekitar 1,5 tahun.

Dari hasil penggeledahan ditemukan sejumlah barang bukti. Antara lain satu botol cairan TATP berdaya ledak tinggi, dan enam dirigen berisi cairan kimia. Selain itu juga ditemukan ketapel dan 1 toples berisi gotri. (wld/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Rabu, 23 Oktober 2024
26o
Kurs