Selasa, 22 Oktober 2024

Israel Dilaporkan Bersiap Luncurkan Serangan Besar ke Iran

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Gambar yang diambil dari Kota Hebron, Tepi Barat menunjukkan proyektil di atas Kota Ashdod, Israel pada 1 Oktober 2024. Foto: AFP

Israel dilaporkan sedang bersiap untuk meluncurkan “serangan besar-besaran” terhadap Iran sebagai balasan atas serangan rudal balistik yang menghantam Tel Aviv pada 1 Oktober lalu.

Seorang pejabat Israel yang tidak disebutkan namanya mengungkapkan informasi ini dalam pernyataan yang disiarkan oleh lembaga penyiaran publik KAN pada Minggu (20/10/2024).

Menurut pejabat tersebut, Israel tengah memperkuat pertahanan untuk mengantisipasi potensi respons dari Iran. Meskipun demikian, rincian mengenai target yang akan diserang belum diungkapkan.

Dilansir dari Antara pada Selasa (22/10/2024), ketegangan ini meningkat setelah Iran melancarkan serangan sebagai reaksi terhadap pembunuhan pemimpin Hizbullah, Hamas, dan komandan Garda Revolusi.

Dalam situasi ini, Israel telah melakukan konsultasi intensif dengan sekutunya, Amerika Serikat, untuk menentukan langkah selanjutnya dan kebutuhan pertahanan guna mengatasi kemungkinan balasan dari Iran.

Pada Sabtu (19/10/2024), militer Israel mengumumkan bahwa AS telah mengerahkan baterai pertahanan udara THAAD ke wilayahnya.

Sistem ini dirancang untuk mencegat rudal balistik jarak jauh, sebagai langkah persiapan jika Iran melancarkan serangan.

Sebelumnya, pertahanan udara Israel mengandalkan tiga sistem: Panah untuk rudal jarak jauh, Katapel David untuk jarak menengah, dan Kubah Besi (Iron Dome) untuk jarak dekat.

Media Israel berspekulasi bahwa serangan yang direncanakan dapat menargetkan fasilitas minyak atau nuklir Iran. Sementara itu, Teheran telah berjanji untuk membalas setiap serangan Israel “dengan menyakitkan”. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Selasa, 22 Oktober 2024
35o
Kurs