Sabtu, 26 Oktober 2024

Iran Desak Komunitas Global Hentikan Upaya Israel Picu Perang Kawasan

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ledakan terlihat di Teheran ibu kota Iran akibat serangan udara Israel, Sabtu (26/10/2024) dini hari WIB. Foto: Jerusalem Post

Iran mendesak komunitas global untuk mengambil langkah kolektif mendesak guna menghentikan upaya Israel yang dianggap “memicu perang” di Timur Tengah.

“Republik Islam Iran mengingatkan tanggung jawab setiap negara anggota PBB, negara-negara anggota Konvensi tentang Pencegahan dan Pidana Genosida, serta negara-negara anggota Konvensi Jenewa,” kata Kementerian Luar Negeri Iran dilansir dari Antara pada Sabtu (26/10/2024).

Teheran menekankan perlunya tindakan segera oleh komunitas internasional untuk mengakhiri genosida, perang, dan agresi Israel terhadap Jalur Gaza dan Lebanon serta mengekang upaya Israel memicu perang.

Angkatan Bersenjata Israel menyatakan bahwa pada Jumat malam menuju Sabtu, mereka telah menyerang target-target militer di Iran sebagai apa yang disebut rezim Zionis itu sebagai balasan atas serangan Iran pada 1 Oktober 2024.

Penyiar CBS News melaporkan, mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya, bahwa serangan Israel terhadap Iran terbatas pada target-target militer dan tidak melibatkan fasilitas nuklir atau minyak. (ant/saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Sabtu, 26 Oktober 2024
28o
Kurs