Senin, 16 September 2024

HUT ke-79, TNI AL Pamerkan Alutsista dalam Naval Base Open Day

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Salah satu Kapal TNI AL yang bersandar di Dermaga Ujung Koarmada II Surabaya dalam Naval Base Open Day, Sabtu (7/9/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79, Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) menggelar Naval Base Open Day di Dermaga Ujung Koarmada II Surabaya, pada Sabtu (7/9/2024).

Laksda TNI Ariantyo Condrowibowo Panglima Koarmada II mengatakan, Naval Base Open Day tahun ini yang mengusung tema “Aku Cinta Laut”, memamerkan alutsista TNI AL di Dermaga Ujung Koarmada II.

“Masyarakat bisa menyaksikan dan diizinkan untuk menaiki kapal-kapal yang ada di pameran, jadi hiburan masyarakat,” katanya kepada awak media.

Alutsista yang dipamerkan tersebut, mulai dari kapal perang hingga kapal selam. Dalam Naval Base Open Day, kapal-kapal tersebut sedang bersandar di Dermaga Ujung Koarmada, sehingga lebih dekat dengan masyarakat.

Selain pameran alutsista, TNI AL dalam ulang tahunnya juga menyuguhkan penampilan free fall atau demo terjun payung yang dilakukan oleh penerjun dari prajurit Kopaska dan Marinir.

Masyarakat saat menaiki kapal selam milik TNI AL dalam Naval Base Open Day di Dermaga Ujung Koarmada II, Surabaya, Sabtu (7/9/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Selain itu, juga ada both khusus untuk pengecekan kesehatan, bakti sosial berupa pembagian paket sembaki, makan bergizi bersama pelajar SD dan SMP di Surabaya, penaburan benih ikan bandeng di kolam Satkopaska Koarmada, lomba fotografi, bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), hingga panggung hiburan yang dibuka untuk masyarakat umum.

“Ini dilakukan serentak oleh seluruh jajaran TNI Angkatan Laut di seluruh wilayah Indonesia,” katanya.

Ia mengatakan, bahwa tanggal 10 September memiliki arti yang penting bagi TNI AL. Karena berdasarkan sejarahnya, tanggal 10 September 1945 merupakan hari lahirnya Keamanan Rakyat Bagian Laut (BKR Laut).

Dari BKR Laut tersebut, lanjut dia, merupakan tonggak sejarah dari berdirinya TNI AL. Sehingga, setiap jelang menuju 10 September, selalu digelar berbagai rangkaian kegiatan untuk menyambut ulang tahunnya. Salah satunya, melalui Naval Open Base Day yang dilaksanakan pada 7 September ini. (ris/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Senin, 16 September 2024
28o
Kurs