Rabu, 25 September 2024

Human Initiative dan PT Smelting Bersinergi Eliminasi TBC di Gresik: Dukungan Besar untuk Target 2030

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Sri Utami Program Officer Human Initiative ketika mengudara dalam program Wawasan Radio Suara Surabaya pada Rabu (25/9/2024). Foto: Darrens Mg suarasurabaya.net

Sri Utami Program Officer Human Initiative memberikan apresiasi kepada PT Smelting atas kontribusi dalam penanganan Tuberkulosis (TBC), khususnya di Kabupaten Gresik.

Tami, begitu dia akrab disapa, menjelaskan bahwa Human Initiative berkonsentrasi ke TBC sejak 2015. Khusus untuk Jawa Timur (Jatim), mereka telah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak.

Tapi kerja sama dengan PT Smelting dinilai paling istimewa. Sebab berlangsung sangat lama, juga yang paling erat.

“Sejak 2019 hingga saat ini, kami bersama PT Smelting untuk mengeliminasi TBC,” kata Tami dalam program Wawasan Radio Suara Surabaya, Rabu (25/9/2024).

Dia menjelaskan pemerintah telah mencanangkan program eliminasi TBC pada 2030. Ini merupakan target yang ditetapkan pemerintah Indonesia untuk menurunkan kasus TBC menjadi 65 per 100.000 penduduk.

“Kami optimistis. Apalagi banyak sektor yang bergerak untuk mengeliminasi TB. Baik dari sektor pemerintah maupun dari sisi swasta,” imbuhnya.

BACA JUGA: Human Initiative: Jalan Panjang Perangi TBC

Meski demikian, Tami mengakui bahwa mengeliminasi TBC sesuai dengan target yang dicanangkan pemerintah, tak semudah membalik telapak tangan. Apalagi semua lapisan masyarakat bisa terkena TBC, bukan hanya kalangan ekonomi lemah saja.

“Tantangan utama itu stigma negatif, serta mindset si pasien yang tidak mau show up ke masyarakat karena takut dijauhi,” terangnya.

“Saat kami door do door pun ada penolakan, itu biasa terjadi. Biasanya kami biarkan dulu. Nanti mereka akan menghubungi kader karena batuk yang kunjung selesai. Kemudian kader kami akan mengantarkannya ke Puskesmas,” imbuhnya.

Sri Utami Program Officer Human Initiative (kanan) ketika mengudara dalam program Wawasan Radio Suara Surabaya pada Rabu (25/9/2024). Foto: Darrens Mg suarasurabaya.net

Ia menambahkan, bagaimana pun tantangan yang ditemui di lapangan, mereka tak gentar. Sebab, Tami menjelaskan bahwa bukan hanya pasien yang didampingi, keluarga pasien pun harus diperlakukan serupa.

Kader Human Initiative pun ikut mengawasi saat minum obat. Biasanya dipantau via WhatsApp. Selain obat, ada juga aspek makanan bergizi dan memperbaiki ventilasi.

“Sebab kami bekerja sama dengan PT Smelting. Kami bukan mendampingi pasien dalam hal penyembuhan, melainkan juga distribusi makanan sehat, hingga renovasi ventilasi.

Berkaca dari kerja sama dengan PT Smelting, Human Initiative berharap makin banyak perusahaan yang menyalurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) untuk aspek perusahaan. Salah satunya eliminasi TBC.

“Sebab sejauh ini tidak banyak perusahaan yang berkonsentrasi ke TBC,” ujar Tami.

“Bahkan ketika saya di konferensi internasional pun, mereka terheran karena ada pihak swasta seperti PT Smelting yang memberikan dukungan begitu besar untuk eliminasi TBC,” ungkapnya. (saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Rabu, 25 September 2024
30o
Kurs