Senin, 7 Oktober 2024

Hati-Hati! Jangan Cuci Buah dan Sayur di Mesin Pencuci Piring!

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Buah leci disebut memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Termasuk bagus untuk diet. Foto: Getty Images Ilustrasi - Buah leci disebut memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Termasuk bagus untuk diet. Foto: Getty Images

Jika Anda berpikir untuk memanfaatkan mesin pencuci piring otomatis di rumah untuk membersihkan buah dan sayuran, sebaiknya pikirkan lagi. Menurut Jennifer C. Acuff, asisten profesor keamanan pangan dan mikrobiologi di Universitas Arkansas, mencuci produk segar dalam mesin yang sama dengan piring bisa berisiko.

Dalam sebuah artikel di Popsugar, Acuff menjelaskan bahwa suhu dan tekanan tinggi yang ada dalam mesin pencuci piring bisa memasak buah dan sayur Anda, bukan hanya membersihkannya.

“Tekanan dan panas tinggi adalah yang membuat mesin pencuci piring efektif, tetapi itu juga berarti produk Anda akan mengalami ‘pemanasan’ yang tidak diinginkan,” jelasnya dilansir Antara, Senin (7/10/2024).

Meskipun mencuci buah dan sayur di mesin pencuci piring mungkin terdengar praktis, efek sampingnya bisa merugikan. Tidak hanya itu, produk segar yang dibeli dari toko atau kios pertanian bisa terpapar patogen dari lingkungan, seperti salmonella dan E. coli. Jadi, mencuci hasil bumi sebelum disantap sangatlah penting!

Risiko lain dari mencuci produk dalam mesin pencuci piring adalah kemungkinan residu deterjen atau kuman berpindah ke makanan Anda. “Jika tidak menggunakan pengaturan panas tinggi, Anda mungkin kehilangan manfaat disinfektan yang ditawarkan oleh mesin,” imbuh Acuff.

Namun, ada mesin pencuci piring dengan siklus bilas dingin yang tidak menggunakan suhu tinggi. Beberapa bahkan memiliki pengaturan khusus untuk produk, yang hanya menggunakan air dingin dalam siklus singkat.

Meski begitu, studi dari Journal of Food Protection menunjukkan bahwa mencuci manual dengan cuka putih tidak lebih efektif dalam menghilangkan bakteri dibandingkan dengan mencuci dengan air biasa.

Departemen Pertanian Amerika Serikat pun menyarankan agar air mengalir adalah cara terbaik untuk membersihkan hasil bumi.

“Tidak ada cara untuk benar-benar ‘mensterilkan’ produk di rumah, kecuali dengan memasak atau mengalengkannya, yang tentu saja bertentangan dengan tujuan kita mengonsumsi buah dan sayur mentah,” kata Acuff.

Jadi, cara terbaik dan paling sederhana untuk membersihkan buah dan sayuran Anda adalah dengan membilas dan menggosoknya di bawah air mengalir, lalu mengeringkannya dengan tisu. Mudah, aman, dan tentunya lebih sehat! (ant/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Senin, 7 Oktober 2024
33o
Kurs