Senin, 28 Oktober 2024

Hari Sumpah Pemuda 2024: Sejarah, Tema, dan Filosofi Logo untuk Generasi Tangguh Indonesia

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Logo Hari Sumpah Pemuda tahun 2024. Foto: Kemenpora

Puncak acara peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-96 digelar hari ini, Senin,  28 Oktober 2024 di anjungan rumah adat DI Yogyakarta Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta. Tahun ini mengusung tema besar yakni “Maju Bersama Indonesia Raya”.

Sejarah Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda merupakan ikrar kebangsaan yang dirumuskan melalui sebuah putusan Kongres Pemuda Kedua di Jakarta pada 27-28 Oktober 1928.

Ikrar ini adalah pernyataan kebangsaan pemuda pemuda Indonesia dari berbagai latar belakang daerah, suku, dan agama, menyatukan keyakinan mereka bahwa tumpah darah, bangsa, dan bahasa persatuan: ialah Indonesia.

Keyakinan itu lalu disebarluaskan untuk dijadikan asas bagi semua perkumpulan kebangsaan Indonesia setelah peristiwa Kongres Pemuda Kedua.

Kongres Pemuda Kedua digagas oleh Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI), sebuah organisasi pemuda yang beranggotakan pelajar dari seluruh Indonesia.

Kongres ini bertujuan untuk memperkuat rasa persatuan dan kebangsaan Indonesia yang telah tumbuh di dalam benak dan sanubari pemuda-pemudi.

Sebelum kongres digelar, para pemuda mengadakan pertemuan terlebih dahulu pada 3 Mei 1928 dan 12 Agustus 1928. Mereka membahas tentang pembentukan panitia, susunan acara kongres, waktu, tempat, dan biaya.

Kemudian pertemuan itu menyepakati bahwa Kongres Pemuda Kedua akan diselenggarakan pada 27-28 Oktober 1928 di tiga lokasi berbeda, yaitu gedung Katholieke Jongenlingen Bond, Oost Java Bioscoop, dan Indonesische Clubgebouw (Rumah Indekos, Kramat No. 106).

Istilah Sumpah Pemuda melekat pada keputusan kongres ini. Makna yang terkandung adalah agar pemuda-pemudi Indonesia senantiasa mencintai tanah air Indonesia, menjaga dan merawat persatuan kita sebagai sebuah bangsa, serta menjunjung penggunaan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

Bunyi Sumpah Pemuda

PERTAMA.

KAMI PUTERA DAN PUTRI INDONESIA,
MENGAKU BERTUMPAH DARAH YANG SATU,
TANAH INDONESIA.

KEDUA.

KAMI PUTRA DAN PUTRI INDONESIA,
MENGAKU BERBANGSA YANG SATU,
BANGSA INDONESIA.

KETIGA.

KAMI PUTRA DAN PUTRI INDONESIA,
MENJUNJUNG BAHASA PERSATUAN,
BAHASA INDONESIA.

Tema Hari Sumpah Pemuda 2024

Seperti tahun-tahun sebelumnya, peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2024 juga dirayakan dengan tema khusus. Dilansir dari laman resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI pada Jumat (25/10/2024), tema yang diangkat adalah “Maju Bersama Indonesia Raya.”

Selain mengusung tema “Maju Bersama Indonesia Raya,” terdapat subtema yang ditetapkan untuk Peringatan Sumpah Pemuda di tahun ini. Berikut sejumlah subtema Hari Sumpah Pemuda ke-96 tahun 2024:

1. Pemuda peduli gizi anak Indonesia untuk generasi sehat dan produktif.
2. Pemuda Indonesia, bersatu dalam kebinekaan berjuang dalam ke-Indonesiaan.
3. Pemuda Indonesia sehat, cerdas, kreatif, inovatif, dan berkarakter.
4. Transformasi pemuda pada pendidikan, kesehatan, kepemimpinan, sosial budaya, teknologi, dan ekonomi 5. sebagai energi pemuda majukan Indonesia.
6. Wujudkan pemuda yang maju, mandiri, dan profesional.

Logo Hari Sumpah Pemuda 2024

Logo Hari Sumpah Pemuda ke-96 merupakan hasil karya Nisrina Jihan seorang perempuan berbakat dalam dunia desain. Logo yang ia buat bukanlah sekadar gambar, ini adalah manifestasi dari jiwa muda yang tak terbendung. Dalam logo, tampak tiga pemuda gagah perkasa yang di antaranya mengibarkan bendera Merah Putih, melambangkan tekad Indonesia untuk melahirkan generasi tangguh dan visioner. Setiap elemen dalam logo ini sarat dengan simbolisme yang mendalam.

Selain terdapat gambaran tiga orang di dalamnya, logo peringatan tersebut juga dilengkapi tulisan, “96 TAHUN SUMPAH PEMUDA MAJU BERSAMA INDONESIA RAYA.” Seluruh elemen logo tersebut memiliki makna mendalam yang masih berkaitan dengan Hari Sumpah Pemuda.

Filosofi Logo Hari Sumpah Pemuda 2024

Filosofi logo Hari Sumpah Pemuda ke-96 di tahun ini diambil dari beberapa elemen dan warna yang ditampilkan. Berikut adalah filosofi dari logo tersebut,

1. Ragam Pemuda, tiga pemuda dengan warna berbeda mewakili keberagaman yang mampu maju bersama untuk Indonesia Raya

2. Merah Putih Dinamis, mewakili Indonesia yang bergerak dinamis menuju kemajuan bangsa dan keemasan Indonesia

3. Lompatan Tertinggi, posisi para pemuda yang melompat menunjukkan kemampuan pemuda untuk memacu Indonesia ke tempat lebih tinggi

4. Cornsilk, warna seperti serabut jagung menandakan usia pemuda yang masih seumur jagung namun menjadi sumber kehidupan

5. Emas Muda, warna mewakili potensi emas pemuda Indonesia untuk keberlangsungan bangsa di masa mendatang

6. Emas, representasi harapan menuju Indonesia Emas 2045
(nis/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Senin, 28 Oktober 2024
35o
Kurs