Kamis, 19 September 2024

Hamas: Penunjukan Yahya Sinwar Bawa Peringatan Penting untuk Israel

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Yahya Sinwar (tengah) pemimpin politik baru Hamas. Foto: Antara

Pimpinan kelompok pejuang Palestina, Hamas menggambarkan bahwa penunjukan Yahya Sinwar sebagai kepala biro politik pengganti almarhum Ismail Haniyeh membawa peringatan penting untuk Israel.

Dilansir Antara dari Anadolu, Sami Abu Zuhri, seorang pejabat senior Hamas, mengatakan bahwa keputusan menunjuk Sinwar sebagai pemimpin kelompok itu mengandung pesan yang bisa berdampak keras bagi Israel beserta sekutu-sekutunya.

Sementara itu, Osama Hamdan pemimpin Hamas mengatakan dalam sebuah pesan bahwa penunjukan Sinwar untuk memimpin biro politik Hamas “menegaskan kembali persatuan gerakan ini dan kesadaran akan bahaya yang dihadapi.”

Ia mengatakan keputusan tersebut juga menunjukkan bahwa “pembunuhan-pembunuhan oleh Israel tidak akan berhasil mematahkan gerakan perlawanan.”

Sebelumnya, Yahya Sinwar ditunjuk sebagai kepala biro politik yang baru oleh Hamas pada, Selasa (6/8/2024). Sinwar menggantikan Ismail Haniyeh, yang dibunuh di ibu kota Iran, Teheran, setelah menghadiri upacara pelantikan presiden baru Iran pada 31 Juli 2024.

Hamas dan Iran menuduh Israel sebagai pihak yang membunuh Haniyeh. Namun, pemerintah Israel tidak membantah ataupun mengonfirmasi bertanggung jawab atas insiden tersebut.

Di sisi lain, Sinwar adalah pemimpin Hamas yang paling dicari oleh Israel. Zionis menuduh Sinwar mendalangi serangan lintas batas Hamas pada 7 Oktober tahun lalu, yang mendorong Israel untuk melancarkan serangan membabi buta menghancurkan Jalur Gaza serta telah menewaskan lebih dari 39.600 korban.

Sepuluh bulan setelah perang Israel, sebagian besar wilayah Gaza hancur di tengah krisis makanan, air bersih, dan obat-obatan. Israel di Mahkamah Internasional (ICJ) dituduh melakukan genosida.

ICJ telah memerintahkan Israel untuk segera menghentikan operasi militernya di Rafah, tempat lebih dari satu juta warga Palestina mencari perlindungan dari perang, sebelum kota di Gaza selatan itu juga diserang pada 6 Mei tahun ini. (ant/bil/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 19 September 2024
27o
Kurs