Jumat, 11 Oktober 2024

Fenomena Hari Tanpa Bayangan Terjadi di Surabaya Siang Ini

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Kondisi jalanan menjelang fenomena kulminasi sekitar pukul 11.00 WIB di frontage Jalan Ahmad Yani Surabaya, Jumat (11/10/2024). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pada hari ini Kota Surabaya sedang terjadi fenomena kulminasi atau hari tanpa bayangan tepatnya pada pukul 11.15 WIB, Jumat (11/10/2024).

Oky Sukma Hakim Prakirawan BMKG Juanda menjelaskan, saat suatu wilayah terjadi kulminasi, maka suhu udara akan lebih panas.

“Yang perlu diperhatikan dari fenomena ini adalah suhu akan terasa lebih panas daripada biasanya jika kondisi langit jarang terdapat awan,” ujar Oky dikonfirmasi suarasurabaya.net, Jumat.

Oky menyampaikan, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan masyarakat saat terjadi fenomena kulminasi. Masyarakat diimbau untuk menjaga tingkat dehidrasi dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

“Saat hari tanpa bayangan, masyarakat diimbau menghindari paparan sinar matahari siang hari secara langsung, dapat menggunakan sunscreen, serta menjaga kebutuhan air tubuh tercukupi,” tutur Oky.

Untuk diketahui, saat fenomena kulminasi berlangsung, matahari berada di posisi langit paling tinggi. Hal itu membuat posisi matahari berada di titik zenit atau kepala pengamat.

Akibatnya bayangan akan terlihat menghilang sebab bertumpuk dengan objek itu sendiri. Oleh karena itu, hari kulminasi juga disebut sebagai hari tanpa bayangan.

Di Jawa Timur, fenomena kulminasi akan terjadi pada 10-14 Oktober 2024 dengan waktu yang berbeda-beda di tiap wilayahnya.

Pantauan suarasurabaya.net, suhu udara pada saat fenomena kulminasi pukul 11.15 WIB di Kota Surabaya, suhu udara mencapai 35 derajat celcius.

Sementara itu bayangan berbagai objek mulai dari masyarkat berkendara hingga gedung nampak bertumpuk dengan objek itu sendiri.

Nur Aini (29) salah satu masyarakat Kota Surabaya saat ditemui di Jalan Gubernur Suryo mengaku cuaca hari ini lebih terik, meski ia belum tahu kalau hari ini terjadi fenomena kulminasi.

“Iya memang lebih panas dari kemarin-kemarin. Sempet denger akan ada hari tanpa bayangan di sosmed, tapai enggak tahu kalau terjadi hari ini di Surabaya,” ucapnya.(wld/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Surabaya
Jumat, 11 Oktober 2024
33o
Kurs