Sabtu, 6 Juli 2024

Fase Pemulangan Telah Dimulai, 14 Asrama Haji Siap Layani Jemaah

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Jemaah dari kloter SUB 01 saat berada di Bandara King Abdul Azis, Jeddah jelang pulang ke Tanah Air. Foto: Kemenag

Operasional pemulangan jemaah haji ke Tanah Air telah dimulai pada Sabtu (22/6/2024) hari ini.

Jemaah haji yang tergabung dalam kloter SUB 01, mengawali fase pemulangan jemaah dan diterbangkan dari Bandara King Abdul Azis, Jeddah. Kloter SUB 01 take off menuju Indonesia pada pukul 03.15 Waktu Arab Saudi.

Selain jemaah haji kloter 01 asal Embarkasi Surabaya, jemaah haji yang tergabung dalam kloter 2 Embarkasi Solo (SOC-02) dengan 360 jemaah serta lima petugas hari ini kembali ke Tanah Air.

Jemaah haji asal Temanggung dan Magelang ini diterbangkan dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.

Ia menjelaskan, sejalan dengan kepulangan jemaah dari Tanah Suci, secara simultan 14 asrama haji di Tanah Air telah menyiapkan layanan kedatangan para tamu Allah tersebut.

Untuk layanan akomodasi, disiapkan kamar bagi jemaah haji yang tidak langsung pulang ke rumah atau untuk menunggu jemputan keluarga.

“Jemaah haji juga bisa menginap selama satu malam di asrama haji bila diperlukan. Mendapat snack selamat datang ketika jemaah tiba di asrama haji,” ucap Widi Dwinanda anggota media center Kementerian Agama (Kemenag).

Ia menambahkan, asrama haji juga menyiapkan bus untuk membawa jemaah dari bandara ke asrama haji, kendaraan truk untuk membawa koper bagasi jemaah haji, dan layanan ambulans dan minibus untuk membawa jemaah sakit, lansia, atau disabilitas.

Selain itu, setiap asrama haji menyiapkan layanan kesehatan untuk pemeriksaan kesehatan, mulai dari pelayanan rawat jalan, jalur fast track bagi jemaah lansia dan disabilitas, hingga kursi roda.

Secara keseluruhan, hari ini terdapat 20 kelompok terbang, dengan jumlah 7.973 jemaah haji orang. (ant/saf/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Sabtu, 6 Juli 2024
31o
Kurs