Kamis, 19 September 2024

Empat Ribu Personel Gabungan Disiagakan untuk Mengamankan Kunjungan Paus Fransiskus

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Stan foto bersama Paus Fransiskus disiapkan Panitia Natal Keuskupan Agung Jakarta, jelang Hari Raya Natal di Katedral Jakarta, Selasa (24/12/2019). Foto: Farid suarasurabaya.net

Paus Fransiskus Pemimpin Gereja Katolik Dunia akan melakukan lawatan ke Indonesia mulai tanggal 3 sampai 6 September 2024.

Sebanyak empat ribu personel gabungan dari unsur TNI, Polri, Paspampres, BSSN, BNPT, BNPB, serta pemerintah daerah akan disiagakan dalam rangka pengamanan.

Terkait kegiatan itu, hari ini, Senin (2/9/2024), TNI dan Polri melaksanakan apel gelar pasukan gabungan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

Brigjen Pol. Tjahyono Saputro Kepala Satgas Humas Operasi Tribrata Jaya 2024 mengatakan, apel pasukan gabungan dilakukan supaya setiap personel memahami fungsi dan tugasnya. Sehingga, tidak ada kesalahan pada waktu pelaksanaan.

“Apel gelar pasukan gabungan di Mabes TNI Cilangkap dipimpin Dankor Brimob selaku Kaops, dan Pangkogabwilhan I,” ujarnya di Jakarta.

Menurut Brigjen Pol. Tjahyono, pengamanan Paus Fransiskus disesuaikan dengan acara International Sustainability Forum (ISF) 2024, di Jakarta Convention Center.

Event ISF yang lokasinya berdekatan dengan acara Misa Akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, tanggal 5 September 2024, rencananya dihadiri sejumlah pemimpin negara sahabat.

Pihak kepolisian sudah menyiapkan rekayasa arus lalu lintas kendaraan, salah satunya buka tutup jalan sesuai objek pengamanan, mulai dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, sampai Gereja Katedral, Jakarta Pusat.

Objek pengamanan lainnya yaitu Istana Merdeka, Masjid Istiqlal, dan SUGBK yang menjadi tempat pelaksanaan Misa Akbar dengan peserta sekitar 86 ribu Umat Katolik.

Sekadar informasi, Paus Fransiskus dijadwalkan melakukan Perjalanan Apostolik ke Indonesia, Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura dari tanggal 2 sampai 13 September 2024.

Indonesia bakal jadi negara kawasan Asia Pasifik pertama yang dikunjungi Paus Fransiskus dalam lawatannya tahun ini.

Paus Fransiskus akan menjadi Paus ketiga yang berkunjung ke Indonesia sesudah Paus Santo Paulus VI (1970), dan Paus Yohanes Paulus II (1989).

Selama tiga hari di Indonesia, Paus Fransiskus akan melakukan sejumlah kegiatan penting.

Antara lain, bertemu Joko Widodo Presiden di Istana Merdeka, menemui rohaniawan di Gereja Katedral, bertemu tokoh lintas agama di Masjid Istiqlal, dan memimpin Misa Akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno. (rid/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 19 September 2024
25o
Kurs