Senin, 28 Oktober 2024

Empat Pulau di Madura Kini Terang, PLN Hadirkan Listrik dari Pembangkit Tenaga Surya

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
PT PLN UID Jatim menyalurkan listrik ke empat pulau di Madura, yakni Saseel, Karamian, Saur, dan Sadulang Kecil. Foto: PLN

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur (Jatim) telah menyalurkan listrik ke empat pulau di Kepulauan Madura, yakni Saseel, Karamian, Saur, dan Sadulang Kecil.

Pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) ini bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda dan Hari Listrik Nasional (HLN) ke-79.

Selain itu, juga berkontribusi dalam peningkatan Rasio Elektrifikasi (RE) dan Rasio Desa Berlistrik (RDB) di Jawa Timur.

Saat ini, RE di Jawa Timur mencapai 99,66 persen, sementara RDB PLN berada di angka 99,94 persen. Dengan beroperasinya Desa Saseel dan Karamian, masih ada tiga desa yang belum teraliri listrik PLN, namun akan segera dioperasikan tahun ini.

Ahmad Mustaqir General Manager PLN UID Jatim menjelaskan, pengoperasian ini menunjukkan komitmen PLN dalam sinergi dan kolaborasi untuk penggunaan energi hijau serta pencapaian net zero emission 2060 melalui pembangunan PLTS di pulau-pulau.

“PLN berupaya mengakselerasi elektrifikasi hingga ke pulau terluar dengan membangun PLTS sebesar 975 kWp di 16 lokasi di Kepulauan Madura. Kali ini, masyarakat di Pulau Saseel mendapatkan listrik dari PLTS berkapasitas 150 kWp, Pulau Karamian 175 kWp, Pulau Saur 150 kWp, dan Pulau Sadulang Kecil 50 kWp,” ungkap Ahmad.

Ia menambahkan, total kapasitas yang dioperasikan hari ini mencapai 525 kWp di empat wilayah, dengan potensi pelanggan sebanyak 2.600.

Kehadiran PLTS ini diharapkan dapat meningkatkan akses listrik bagi masyarakat, menerangi lingkungan, dan mendukung perekonomian lokal.

Dewi Khalifah Plt Bupati Sumenep menyampaikan apresiasi terhadap upaya PLN dalam mewujudkan impian masyarakat kepulauan untuk mendapatkan akses listrik yang merata.

“Listrik memiliki peran penting sebagai infrastruktur utama dalam menunjang kehidupan, termasuk bagi masyarakat di kepulauan. Semoga dengan hadirnya PLTS ini, produktivitas masyarakat meningkat, dan nelayan dapat menggunakan cold storage serta fasilitas lainnya,” ujar Dewi. (saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Senin, 28 Oktober 2024
32o
Kurs