Jumat, 20 September 2024

Duplikat Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi Tiba di Balikpapan, Kirab Berlanjut ke IKN

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Duplikat bendera Merah Putih dan teks proklamasi tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Sabtu (10/8/2024). Foto: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Duplikat bendera Merah Putih dan teks proklamasi tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur pada Sabtu (10/8/2024)

Setelah penerbangan selama kurang lebih dua jam, pesawat Boeing 737-400 TNI AU yang mengangkut bendera dan teks tersebut mendarat sekitar pukul 12.55 WITA.

Purna Paskibraka Duta Pancasila yang bertugas membawa bendera Merah Putih yakni Naila Aulita Alqubra Sinapoy dari Provinsi Banten. Adapun bertugas sebagai pembawa teks proklamasi adalah Lilly Wenda dari Provinsi Papua Pegunungan.

Keduanya disambut dengan upacara kehormatan oleh Paspampres, Purna Paskibraka Kalimantan Timur, dan Duta Budaya Provinsi Kalimantan Timur. Mereka kemudian menaiki kendaraan taktis “Maung”.

Bendera dan teks proklamasi diarak menuju Istana Negara di Ibu Kota Nusantara. Kirab tersebut disambut antusias oleh masyarakat dan pelajar yang melambaikan bendera Merah Putih dan bersorak gembira saat kendaraan melintas.

Rute kirab meliputi Jalan Mulawarman, Gerbang Tol Manggar, Jalan Tol Seksi III A, Jembatan Pulau Balang, Jalan Negara, Jalan IKN, hingga tiba di Istana Negara IKN. Perjalanan memakan waktu sekitar dua jam.

Untuk diketahui, penerbangan bendera duplikat Sang Merah Putih dan teks proklamasi dipimpin oleh Mayor Pnb. Kresna Hendra. Bertindak selalu kapten pilot adalah Kapten Pnb. Khairizal Netani, dengan dibantu dua kopilot, masing-masing Lettu Pnb. Mufid Denico dan Letda Pnb. Burhanuddin Ihsan, serta kru lainnya.

Turut serta dalam penerbangan tersebut yakni Heru Budi Hartono Kepala Sekretariat Presiden, Mayjen TNI Rudy Saladin Sekretaris Militer Presiden, dan Brigjen TNl Edi Saputra Kepala Staf Komando Garnisun Tetap I Jakarta. (saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
24o
Kurs