Minggu, 8 September 2024

Dua SD Negeri di Ponorogo Dikabarkan Tidak Kebagian Murid Baru

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi ruang kelas yang kosong dan belum terisi oleh siswa. Foto: iStock

Dua sekolah dasar negeri (SDN) di Ponorogo dilaporkan tidak mendapat satupun siswa dalam proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2024/2025.

Dilansir dari Antara pada Selasa (17/7/2024) malam, dua SDN yang yang tak kebagian murid baru itu adalah SDN Setono Kecamatan Ponorogo dan SDN 1 Bajang yang ada di Kecamatan Mlarak.

“Tahun ini masih belum ada murid baru yang mau mendaftar ke SDN 1 Bajang, Mlarak,” tutur Asrofi Plt. Kepala Sekolah SDN 1 Mlarak.

Hal yang sama diungkap Suhadi Kepala SDN Setono Ponorogo. Ia menyebut fenomena penurunan minat calon peserta didik baru di sekolahnya sudah terjadi sejak beberapa tahun terakhir.

“Tahun lalu kami hanya mendapat dua murid baru, tahun ini bahkan sampai batas waktu akhir pendaftaran masih nihil,” kata Suhadi.

Suhadi menjelaskan, pihak sekolah sudah berupaya mencari murid baru dengan cara mendatangi calon siswa. Tapi upaya tersebut tidak membuahkan hasil.

“Langkah kami sudah maksimal, sudah kami datangi secara door to door, tapi memang belum ada yang mau,” tegasnya.

Menurutnya jumlah siswa baru yang terus menurun, ini dikarenakan angka kelahiran juga rendah. Pasalnya, selain SDN, jumlah siswa untuk taman kanak kanak (TK) juga mengalami hal serupa. Selain itu, saat ini juga banyak pilihan sekolah baik negeri maupun swasta. (ant/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
26o
Kurs