Rabu, 3 Juli 2024

Dua Korban Longsor di Kesamben Blitar Ditemukan Meninggal Dunia

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Warga menyaksikan kandang ayam yang ambruk tertimbun tanah longsor di Desa Bumirejo, Kesamben, Kabupaten Blitar pada Minggu (30/6/2024). Foto: BPBD Kabupaten Blitar

Dua dari tiga orang yang dilaporkan hilang dalam tanah longsor di Kesamben, Kabupaten Blitar berhasil ditemukan. Kedua korban itu dinyatakan meninggal dunia.

Bencana tanah longsor itu terjadi di Desa Bumirejo, Kesamben, Kabupaten Blitar pada Minggu (30/6/2024) sore sekitar pukul 16.00 WIB. Tiga orang diduga tertimpa longsor dan sedang dalam pencarian.

AKP Suhartono Kapolsek Kesamben mengatakan, dua dari ketiga korban telah ditemukan dan sudah dievakuasi pada Minggu malam sekira pukul 22.51 WIB.

Kedua korban yang berhasil dievakuasi itu berinisial JA (50) dan MU (50). Mereka tercatat sebagai warga Desa Bumirejo, Kesamben, Kabupaten Blitar.

“Untuk sementara, pencarian korban kurang satu, pria inisial GU berusia 43 tahun selaku pemilik gudang,” terang Hartono ketika on air di Radio Suara Surabaya pada Senin (1/7/2024).

BACA JUGA: Longsor di Kesamben Blitar, Tiga Orang dalam Pencarian

Hartono mengatakan, proses pencarian kembali dilanjutkan pada Senin pagi mulai pukul 08.00 WIB. Petugas gabungan mengerahkan dua alat berat untuk menemukan korban.

“Semalam (pencarian) kami hentikan sekira pukul 00.00. Kemudian kami lanjutkan kembali pukul 08.00. Kami melakukan penyisiran lewat penunjukan tempat yang disampaikan saksi-saksi. Namun karena tebalnya longsoran, satu korban belum berhasil ditemukan,” jabar Hartono.

Hartono menjelaskan, ketiga korban itu diduga tertimbun saat sedang panen ayam. Namun, malang tak dapat dihindari. Pada saat itu tebing di belakang kandang ayam tiba-tiba longsor.

“Memang sudah biasa longsor, tapi ketika hujan. Ini pertama kali (longsor) sewaktu musim kemarau,” ujar Hartono. (saf/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Rabu, 3 Juli 2024
28o
Kurs