Minggu, 29 September 2024

Driver Transportasi Online Diminta Tingkatkan Keselamatan

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi pengemudi transportasi online. Foto: Reuters

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengingatkan pengemudi transportasi online untuk selalu meningkatkan keamanan dan keselamatan dalam berkendara di jalan raya.

“Pengemudi transportasi online wajib memperhatikan, bahkan meningkatkan keamanan dan keselamatan dalam berkendara,” kata Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan (Menhub) dalam laman resmi Kemenhub pada Rabu (17/7/2024) kemarin.

“Hal ini bermanfaat bukan hanya untuk diri sendiri, namun juga bagi penumpang, pengendara lain, serta keluarga yang menunggu di rumah,” imbuhnya.

Budi juga menyampaikan kepada para pengemudi transportasi online agar selalu mematuhi peraturan lalu lintas saat berkendara di jalan raya.

“Patuhi pula Permenhub Nomor PM 12 Tahun 2019 yang menyatakan bahwa para mitra wajib menggunakan jaket dengan bahan yang memantulkan cahaya, memakai identitas pengemudi, menggunakan celana panjang, sepatu, sarung tangan, serta wajib membawa jas hujan,” ungkapnya.

Tak cuma itu saja, Menhub meminta para pengemudi untuk menggaungkan kampanye berkeselamatan kepada sesama mitra. Serta saling mengingatkan apabila ada pengemudi yang tidak taat aturan.

Selain itu, dalam rangka menciptakan ekosistem transportasi online yang berkelanjutan di tanah air, Menhub juga menginstruksikan perusahaan aplikasi transportasi online, untuk mematuhi regulasi yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

Regulasi yang dimaksud mencakup beberapa aspek, antara lain: mengenai tarif, keselamatan, keamanan, kenyamanan, keterjangkauan, serta keteraturan. (saf/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 29 September 2024
25o
Kurs