Minggu, 30 Juni 2024

DPR Minta Pansel Aktif Mencari Figur Bersih dan Berintegritas untuk Mendaftar Capim KPK

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Habiburokhman Wakil Ketua Umum Partai Gerindra. Foto : Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Panitia Seleksi Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim dan Dewas KPK) periode 2024-2029 sudah membuka pendaftaran, mulai hari Rabu (26/6/2024).

Habiburokhman Wakil Ketua Komisi III DPR RI berharap yang lolos seleksi benar-benar memenuhi berbagai persyaratan, di antaranya kredibel dan berintegritas.

Menurutnya, Pimpinan KPK juga harus bersih dari catatan korupsi di masa lalunya. Sehingga, tidak tersandera dengan persoalannya sendiri.

Sehubungan dengan itu, Habiburokhman meminta panitia seleksi aktif mencari orang-orang yang masuk kriteria, dan mendorongnya untuk mendaftar atau istilahnya jemput bola.

Legislator dari Fraksi Gerindra tersebut mengingatkan, panitia seleksi jangan cuma duduk manis menunggu orang yang mendaftar seperti pencari kerja.

“Tentunya kami berharap panitia seleksi jangan hanya duduk manis menunggu orang daftar seperti pencari kerja. Mereka bisa hubungi atau datangi figur-figur yang pantas agar bersedia mendaftar dan ikut seleksi. Banyak figur bersih di kepolisian, kejaksaan, pengadilan, akademisi, termasuk DPR yang menurut saya harus didorong untuk daftar,” ujarnya di Jakarta, Kamis (27/6/2024).

Sekadar informasi, pada hari pertama pendaftaran, panitia seleksi mencatat ada 94 orang yang mendaftar akun. Tapi, sampai pukul 15.00 WIB, belum ada yang mengunggah berkas persyaratan.

Arif Satria Wakil Ketua Pansel Capim dan Dewas KPK mengatakan, kalau pendaftar sudah mengunggah berkas persyaratan, panitia seleksi akan melakukan verifikasi.

Nantinya, pendaftar calon Pimpinan dan Dewas KPK yang lolos verifikasi akan diumumkan kepada publik tanggal 24 Juli 2024. (rid/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 30 Juni 2024
30o
Kurs