Kamis, 19 September 2024

Donald Trump Dipastikan Aman Setelah Adanya Laporan Tembakan di Florida

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Donald Trump calon presiden dari Partai Republik ketika berkampanye di North Charleston, South Carolina, Amerika Serikat pada 14 Februari 2024. Foto: Reuters

Donald Trump calon Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik, dinyatakan aman setelah adanya laporan tembakan di sekitaran Florida pada, Minggu (15/9/2024) waktu setempat.

“Trump Presiden aman setelah terdengar tembakan di sekitarnya. Tidak ada detail lebih lanjut untuk saat ini,” kata Steven Cheung direktur komunikasi Trump dalam sebuah pernyataan yang dilansir Antara.

Pernyataan itu muncul setelah laporan bahwa suara tembakan terdengara di luar Trump International Golf Club di West Palm Beach.

Biro Investigasi Federal (FBI) menyatakan sedang menyelidiki insiden tersebut sebagai kemungkinan upaya pembunuhan terhadap Trump.

“FBI telah merespons di West Palm Beach, Florida, dan sedang menyelidiki kejadian yang tampaknya merupakan upaya pembunuhan terhadap mantan Presiden Trump,” kata FBI melalui pernyataan.

Insiden ini terjadi hampir dua bulan setelah Trump terluka dalam upaya pembunuhan pada 13 Juli lalu.

Ketika itu, Thomas Matthew Crooks, seorang pria bersenjata berusia 20 tahun yang bertindak sendiri, mengeluarkan tembakan ke arah Trump selama kampanye berlangsung di Butler County, Pennsylvania.

Tembakan peluru itu sempat mengenai telinga kanan Trump.

“Dinas Rahasia AS, bekerja sama dengan Kantor Sheriff Palm Beach County, sedang menyelidiki ‘insiden perlindungan’ yang terjadi tak lama sebelum pukul 2 siang waktu setempat (1800GMT),” kata Anthony Guglielmi Kepala Komunikasi Dinas Rahasia, di X.

Beberapa pejabat penegak hukum mengatakan kepada wartawan bahwa mereka telah menangkap seorang tersangka yang terlihat oleh agen Dinas Rahasia AS dengan memegang sebuah senapan serbu jenis AK-47 di luar klub golf Trump.

“Personel Dinas Rahasia AS melepaskan tembakan ke seorang pria bersenjata yang berada di dekat batas properti,” kata seorang pejabat Dinas Rahasia.

“Saat ini kami telah menahan seseorang yang diduga sebagai tersangka,” kata Sheriff Palm Beach County, Ric Bradshaw.

Pejabat itu juga mengatakan bahwa Trump berada sekitar 400-500 yard (365-475 meter) dari pria bersenjata tersebut.

Sebelumnya, Donald Trump Jr. putra mantan Presiden AS, mengutip laporan dari penegak hukum setempat mengatakan bahwa senapan otomatis AK-47 ditemukan di semak-semak.

“Tim kampanye Trump telah merilis pernyataan yang mengonfirmasi bahwa mantan Presiden Trump aman. Seorang tersangka dilaporkan telah ditangkap,” katanya di X.

Di sisi lain, Donald Trump sendiri menegaskan bahwa dirinya dalam kondisi aman dan sehat.

“Ada suara tembakan di sekitar saya, tetapi sebelum rumor menyebar tak terkendali, saya ingin kalian mendengar ini langsung dari saya: Saya aman dan sehat!,” ucapnya.

“Tidak ada yang bisa menghentikan saya. Saya Tidak Akan Pernah Menyerah!,” tegas Trump. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 19 September 2024
24o
Kurs