Sabtu, 21 September 2024

Dirut Pengembang di Sidoarjo Tipu Gelap Penjualan Rumah Sampai Korban Rugi Rp1,7 Miliar

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Tersangka FZ waktu dihadirkan dalam ungkap kasus penipuan dan penggelapan di Mapolresta Sidoarjo. Foto: Humas Polresta Sidoarjo.

Wanita inisial FZ (28) Direktur Utama PT ABP menjadi tersangka penipuan dan penggelapan penjualan rumah di Kabupaten Sidoarjo kepada sejumlah korban dengan total nilai kerugian Rp1,7 miliar.

Kombes Pol Christian Tobing Kapolresta Sidoarjo mengatakan, aksi tipu gelap tersangka itu sudah dilakukan sejak 2021 sampai 2022 dengan tujuh orang korban.

Wanita 28 tahun itu melakukan penipuan dan penggelapan melalui pemasaran perumahan Diamond Village Juanda 1 (DVJ 1), DVJ 3, dan DVJ 4.

“Tersangka menjanjikan kepada pembeli bahwa serah terima unit akan dilakukan satu tahun setelah perjanjian ikatan jual beli (PIJB) dan penyerahan sertifikat tanah dua tahun setelah PIJB. Namun, janji tersebut tidak terealisasi,” kata Tobing dalam keterangannya, Jumat (2/8/2024).

Kapolres menjelaskan, modus yang dijalankan tersangka adalah menjual rumah yang status tanahnya belum jelas. Lahan perumahan DVJ 1, 3, dan 4 tadi masih milik petani. Tersangka mengaku hanya memberikan uang muka kepada para petani pemilik lahan.

“Selain itu, pemasaran perumahan tersebut dilakukan tanpa izin mendirikan bangunan (IMB),” ujarnya.

Dalam kasus ini polisi telah menetapkan FZ sebagai tersangka dan memasukkan ke dalam daftar pencarian orang (DPO) sejak 25 Juni 2024.

Kemudian, pada Senin (29/7/2024) sekitar 22.30 WIB, pelaku diringkus di rumah kontrakannya di Desa Kebun Jaya, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan.

Terhadap tersangka FZ dikenakan pasal 378 KUHP tentang penipuan dan pasal 372 KUHP tentang penggelapan. “Dengan ancaman hukuman maksimal empat tahun penjara,” tandasnya.(wld/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Sabtu, 21 September 2024
31o
Kurs