Jumat, 13 September 2024

Delapan Ratusan Mahasiswa Baru UT Surabaya Bersiap Kuliah Jarak Jauh

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Delapan ratusan mahasiswa baru Universitas Terbuka (UT) Surabaya mengikuti Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) tahap 1 di Surabaya, pada Sabtu (24/8/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Sekitar 841 mahasiswa baru Universitas Terbuka (UT) bersiap melakukan kuliah jarak jauh. Mereka mulai mengikuti Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) tahap 1 di tiga lokasi berbeda, yakni Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik pada Sabtu (24/8/2024).

Dari Surabaya, ada sebanyak 396 mahasiswa baru. Di Sidoarjo, ada 215 mahasiswa baru dan di Gresik ada 230 mahasiswa baru.

Suparti Direktur UT Surabaya mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa baru pada sistem pendidikan jarak jauh dan membekali dengan informasi dasar mengenai kampus, seperti pembelajaran dan layanan tutorial online.

“UT sistemnya perguruan tinggi terbuka, mandiri, jarak jauh. Karena itu, kita membekali mahasiswa baru supaya tahu bahwa di UT seperti ini loh belajarnya. Jadi, hal itu kami sampaikan biar mereka tidak kaget,” katanya di Surabaya, pada Sabtu (24/8/2024).

Setelah di hari pertama mendapat informasi terkait metode pembelajaran hingga layanan online, para maba akan mendapatkan kesempatan mengikuti Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) dalam bentuk kelas.

Kegiatan PKBJJ itu, akan melatih mahasiswa baru dalam membaca modul dan mengerjakan tugas online.

“Dengan berbasis jarak jauh, memerlukan pemahaman khusus soal pembelajaran dan ujian online. Ketemu dosen itu tidak wajib bagi mahasiswa UT, tapi membaca modul yang sudah ditulis oleh dosen itu wajib,” katanya.

Sementara untuk pemantauan hasil kuliah, dosen dan mahasiswa bisa melihat perkembangan selama pembelajaran melalui aplikasi yang disediakan kampus.

Ia berharap, dengan sistem pembelajaran mandiri, mahasiswa bisa tetap kuliah dengan baik meski dilakukan dengan membagi waktu untuk kerja.

“Dengan kemandirian, mereka akan bisa menghadapi tantangan di masa depan, harapan kami begitu. Kunci sukses itu adalah tertib dan disiplin. Waktunya belajar ya belajar, kalau ada tugas juga dikerjakan,” tutur Suparti.

Sebagai informasi, total mahasiswa baru yang daftar di UT saat ini ada sekitar 17.151, tetapi yang sudah registrasi lanjutan ada sekitar 900 an mahasiswa baru, angka itu masih bisa bertambah sebelum dimulainya perkuliahan.(ris/iss)

Berita Terkait

Dies Natalis UT ke 36, Ubaya Borong Juara


..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 13 September 2024
32o
Kurs