Kamis, 19 September 2024

Dekan FK UI Minta Polemik Dekan FK Unair Jadi Pelajaran Bersama

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Momen Prof Nasih Rektor Unair merangkul Prof BUS Dekan FK Unair usai konferensi pers pengembalian jabatan selepas pencopotan, Selasa (9/7/2024). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Prof Ari Fahrial Syam, Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Indonesia (UI) meminta kepada seluruh pemangku kepentingan terkait menjadikan polemik pemberhentian Dekan FK Universitas Airlangga (Unair) sebagai pembelajaran bersama.

“Ini menjadi pembelajaran, juga untuk para pimpinan fakultas, pimpinan universitas, bahwa di dalam suasana kita yang sedang membangun kedokteran, kesehatan, dalam memutuskan sesuatu ya tentu harus mempertimbangkan banyak hal,” katanya ditemui di Kampus FK UI, Jakarta, dilansir Antara, Kamis (11/7/2024).

Ari menilai kehati-hatian dalam memutuskan sesuatu dapat berdampak luas, tidak hanya di lingkungan civitas akademika saja, namun juga masyarakat luas.

“Untung juga enggak sampai mogok segala macam kan akhirnya,” tambahnya.

Ari bersyukur polemik tersebut kini sudah berakhir. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan terkait yang sudah berperan dalam penyelesaian polemik tersebut.

“Mungkin ke depan menjadi pembelajaran bahwa segala sesuatunya itu didiskusikan begitu, apalagi dalam situasi seperti ini ya,” ucapnya.

Sebelumnya, Prof Mohammad Nasih Rektor Unair memberhentikan Prof Budi Santoso Dekan FK Unair dari jabatannya pada, Rabu (3/7/2024) pekan lalu.

Keputusan tersebut dinilai kontroversial, karena Prof Budi Santoso merupakan salah satu tokoh yang dikenal menolak adanya kebijakan pendatangan dokter asing ke Indonesia.

Namun, Selasa (9/7/2024), Prof Mohammad Nasih membatalkan keputusan tersebut, sehingga Prof Budi Santoso kembali menjabat sebagai Dekan FK Unair. (ant/ala/bil/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 19 September 2024
24o
Kurs