Rabu, 18 September 2024

Dampingi Gibran Simulasi Makan Bergizi Gratis, Khofifah Singgung Multiplier Effect

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim 2019-2024 (kanan) bersama, Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya (tengah), dan Gibran Rakabuming Raka Wakil Presiden Terpilih (kiri) saat simulasi program makan bergizi gratis di SDN Klampis III, Kamis (1/8/2024). Foto: Wildan Pratama suarasurabaya.net

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur (Jatim) periode 2019-2024, mendampingi Gibran Rakabuming Raka Wakil Presiden terpilih mensimulasikan program makan bergizi gratis di SDN Klampis III, Surabaya, Kamis (1/8/2024).

Menurut Khofifah, program makan bergizi gratis ini bisa memberikan multiplier effect di sektor perekonomian masyarakat asalkan pemerintah kabupaten/kota benar-benar mengawasi implementasinya.

“Sesuai dengan perencanaan yang sudah dipresentasikan kepada kami, saya dan Mas Emil kemarin, bahwa ini akan dikembangkan melalui UKM,” ujar Khofifah di SDN Klampis III.

Multiplier effect itu bisa dirasakan oleh pelaku UKM, masyarakat sekitar, hingga jasa pengantar makanan.

Skema program makan bergizi gratis hingga diprediksi bisa mmeberikan multiplier effect ini dimulai dari pemesanan ke UKM. Pelaku usaha kemudian merekrut tenaga kerja untuk membuat makanan bergizi.

Kemudian untuk mengantar makanan itu, pelaku usaha akan meminta jasa pengiriman seperti Go-Jek untuk diantar ke sekolah-sekolah seperti yang dilakukan di SDN III Klampis hari ini.

“Kita bayangkan satu UKM bisa mendapatkan kuota 100 box misalnya tiap hari, akan ada pertumbuhan ekonomi di lingkungan UKM mereka bisa merekrut tenaga kerja, bisa 2-3 orang jadi berapa banyak tenaga kerja yang akan terekrut,” tutur Khofifah.

Khofifah melanjutkan, “Kemudian proses ldiantarkan ke sekolah-sekolah melalui Gojek dan itu artinya menjadi sumber income kembali bagi driver ojol.”

Ketum PP Muslimat NU itu menyatakan, program makan bergizi gratis merupakan misi penting guna mewujudkan generasi emas di 2045. Pemenuhan nutrisi kepada anak menjadi hal mendasar supaya misi tersebut bisa sukses.

“Pak Presiden Jokowi menyebut bahwa tantangan yang cukup serius 2045 Indonesia Emas adalah kualitas SDM kita. Mari kita lihat IPM (Indeks Pembangunan Masuia), bagaimana nutrisinya. Itu menjadi bagian dari faktor penumpu dari lahirnya generasi berkualitas 2045,” tandasnya.

Simulasi program makan bergizi gratis ini dilakukan Gibran bekerjasama dengan CSR dari perusahaan swasta.

Pantauan suarasurabaya.net, selain Khofifah, Gibran didampingi Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya, Emil Elestianto Dardak dan Arumi Bachsin jubir Gibran membagikan kotak berisi ayam saus manis, sayur, nasi serta susu kemasan kotak. (wld/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Rabu, 18 September 2024
31o
Kurs