Minggu, 29 September 2024

Bupati Gresik Tekankan Pentingnya Empat Pilar Hak Anak

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Fandi Akhmad Yani Bupati Gresik menghadiri Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2024 di Wahana Ekspresi Poesponegoro, Rabu (31/7/2024). Foto: Diskominfo Gresik

Fandi Akhmad Yani Bupati Gresik mengajak masyarakat khususnya orang tua memenuhi hak dasar anak. Melindungi anak bisa dimulai dengan memenuhi hak-hak dasar anak.

“Ada empat pilar utama hak anak yang tercantum dalam Konvensi Hak Anak, yaitu hak kelangsungan hidup, hak tumbuh kembang, hak perlindungan, dan hak partisipasi, ” kata Bupati Gresik, Rabu (31/7/2024)

Dikatakan, sesuai dengan tema Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2024 , yakni “Anak Merdeka dari Kekerasan, Perkawinan Anak, Pekerja Anak, dan Stunting Menuju Gresik Inklusif”, maka hak-hak anak harus diperjuangkan.

“Anak-anak kita harus terbebas dari kekerasan, perkawinan anak, pekerja anak, dan tidak lupa angka stunting harus kita turunkan. Maka dari itu, dibutuhkan sinergitas lintas OPD dalam memenuhi hak mereka. Misalnya butuh alat bantu pendengaran, ya kita kolaborasikan dengan Dinas Sosial,” ujarnya.

Disebutkan, Pemerintah Kabupaten Gresik sangat fokus dalam penurunan angka stunting.

Sejumlah upaya ditunjukkan seperti berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti program Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan).

Tujuanya mengkampanyekan pentingnya manfaat makan ikan sejak dini. Hal ini dikarenakan banyaknya kandungan gizi pada ikan penting untuk pertumbuhan dan kecerdasan anak.

Sementara Aminatun Habibah Wakil Bupati Gresik menerangkan beberapa program pendidikan yang sudah digagas Pemkab Gresik dalam memenuhi hak pendidikan anak. Di antaranya, program Jaketku bagi anak yang putus sekolah.

“Melalui program ini, kami berharap agar anak yang putus sekolah, anak yang belum sempat sekolah, dan masyarakat yang belum pernah sekolah bisa mendapatkan ijazah melalui pendidikan kesetaraan. Program ini gratis sudah dialokasikan oleh pemerintah daerah,” tuturnya.

Kegiatan Hari Anak di Gresik diikuti  800 peserta. Mereka antara lain jajaran forkopimda, kepala sekolah, guru, komunitas anak, hingga anak-anak TK/PAUD se-Kabupaten Gresik. (saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 29 September 2024
25o
Kurs