Sabtu, 21 September 2024

Bunga Titan Arum Jadi Tema Busana di Innofashion Show 2024 DFT Petra Chritian University

Laporan oleh Akira Tandika Paramitaningtyas
Bagikan
Enam karya busana mahasiswa DPT PCU, akan ditampilkan dalam Innofashion Show 2024 yang digelar akhir Agustus mendatang. Foto: Dok. PCU

Bunga Titan Arum, tanaman endemik langka asal Sumatra jadi tema busana model Innofashion Show 2024 yang digelar oleh program Textile and Fashion Design (DFT) Petra Christian University (PCU).

Sherly Sanjaya mahasiswi DPT PCU dan desainer karya busana berjudul Magnificient of Scarce mengatakan, bunga Titan Arum diambil sebagai inspirasi karyanya karena bentuknya yang unik.

“Selain itu, karena bunga ini sudah sangat langka di asalnya, jadi saya ambil untuk tema karya saya,” terangnya saat ditemui suarasurabaya.net, Kamis (15/8/2024).

Sherly Sanjaya (kanan) mahasiswi DPT PCU dan desainer karya busana berjudul Magnificient of Scarce, terinspirasi dari bunga Titan Arum, endemik langka asal Sumatra. Foto: Akira suarasurabaya.net

Sherly menjelaskan bahwa bunga ini punah karena banyak yang menebang di daerah asalnya. Sementara untuk tumbuh, bunga Titan Arum sendiri membutuhkan waktu 20 hingga 40 tahun.

Adapun untuk pengerjaan karya ini, Sherly membutuhkan waktu sekitar tiga bulan.

“Mulai dari riset, penentuan bahan, hingga realisasi. Karena sebisa mungkin saya ingin karya ini memiliki kemiripan dengan bunga aslinya,” jelas Sherly.

Tahun ini, Innofashion Show 2024 mengusung tema “Evolve” dengan memamerkan karya-karya fashion mahasiswa.

Rika Febriani Ketua Program DFT PCU mengatakan bahwa tema ini dipilih untuk menunjukkan pertumbuhan atau perubahan dalam membentuk diri mahasiswa.

“Selain jadi ajang apresiasi akan pencapaian akademis para mahasiswa, Innofashion Show juga hadir sebagai wadah untuk berkreasi di bidang fashion,” ungkapnya.

Menurut Rika, hasil karya mahasiswa dalam Innofashion Show tahun ini sangat beragam.

Selain desain busana, mahasiswa juga dibebaskan untuk menampilkan aspek fashion lain seperti, photography dan writing (menulis).

Dalam Innofashion Show 2024 ada total 20 karya yang akan ditampilkan pada malam puncak 22 Agustus 2024, di Convention Hall Tunjungan Plaza. (kir/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Sabtu, 21 September 2024
26o
Kurs