Minggu, 8 September 2024

Bulan Imunisasi Anak di Surabaya Mulai Agustus, Pemkot Target Cakupan 95 Persen

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Nakes saat memberi imunisasi polio pada anak di Surabaya. Foto: Diskominfo Kota Surabaya Nakes saat memberi imunisasi polio pada anak di Surabaya. Foto: Diskominfo Kota Surabaya

Menyambut Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) yang digelar mulai 5 Agustus 2024, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menarget cakupan minimal 95 persen.

Nanik Sukristina Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya menyebut, imunisasi lanjutan ini untuk mempertahankan kekebalan tubuh sekaligus memperpanjang masa perlindungan anak yang sudah mendapat imunisasi dasar.

Langkah ini juga tindak lanjut dari Peraturan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Program Imunisasi dan Surat Keputusan Bersama 4 Menteri terkait.

“Target kami adalah mencapai minimal 95 persen cakupan imunisasi di setiap pos untuk setiap antigen vaksin di wilayah Kota Surabaya,” terang Nanik Sukristina pada Rabu (24/7/2024).

Program imunisasi ini akan mencakup penyakit Campak Rubela, Tetanus, Difteri, dan Kanker Leher Rahim.

Sementara pelaksanaannya akan menyasar ke satuan pendidikan, termasuk Sekolah Dasar (SD) Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Luar Biasa (SLB), dan Pondok Pesantren.

Sisanya yang belum sekolah diberikan di beberapa fasilitas pelayanan kesehatan.

“Bagi anak usia sekolah yang tidak bersekolah, imunisasi akan difasilitasi di Posyandu, Puskesmas, Pustu, Yayasan, atau panti asuhan,” ujarnya lagi.

Jadwal dan jenis imunisasi dibagi beberapa kategori sasaran anak sekolah. Anak kelas 1, usia 7 tahun dengan Imunisasi Campak Rubela (MR) pada Agustus 2024 dan Difteri Tetanus (DT) pada November 2024. Sementara, anak kelas 2, usia 8 tahun, dengan Imunisasi Difteri Tetanus (DT) pada November 2024.

Kemudian anak kelas 5, usia 11 tahun dengan Imunisasi Difteri Tetanus (DT) pada November 2024, serta imunisasi HPV Dosis I untuk anak perempuan pada Agustus 2024.

Terakhir, adalah anak kelas 6 perempuan usia 12 tahun, dengan imunisasi HPV Dosis 2 pada Agustus 2024.

“Frekuensi pemberian imunisasi untuk enam kategori sasaran tersebut dilakukan sekali dalam periode pelaksanaannya,” imbuh Nanik.

Nanik mengimbau semua pihak berperan aktif dan mendukung pelaksanaan BIAS tahun 2024 di Kota Surabaya. Tujuannya agar tercapai herd immunity yang tinggi, merata, dan berkualitas.

“Sehingga mampu mencegah dan mengendalikan kejadian luar biasa penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi di Kota Surabaya,” pungkasnya. (lta/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
26o
Kurs