Rabu, 3 Juli 2024

BPBD Jatim Kirim Personal TRC dan Logistik Dapur Umum di Longsor Kesamben Blitar

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
TRC BPBD Jatim waktu berada di lokasi longsor di Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar. Foto: Dokumen BPBD Jatim

BPBD Jawa Timur (Jatim) mengirimkan personel Tim Reaksi Cepat (TRC) dan bantuan logistik mendirikan dapur umum di lokasi longsor Desa Bumirejo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar.

Peristiwa tanah longsor itu dilaporkan menimpa empat pekerja kandang ayam pada Minggu (30/6/2024) sore.

Gatot Soebroto Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jawa Timur mengatakan, bantuan yang dikirim itu untuk menunjang kebutuhan penanganan bencana.

Selain mengirimkan personel relawan, pihak BPBD Jatim juga membawa sejumlah peralatan pencarian korban.

“Seperti sekop, chainsaw, masker, dan kantong jenazah, serta bantuan dukungan logistik untuk dapur umum, berupa paket makanan siap saji, tambahan gizi, lauk pauk dan selimut,” kata Gatot dalam keterangannya, Senin (1/7/2024).

Berdasar update penanganan di lokasi kejadian, Gatot mengatakan, dari empat korban yang tertimpa tanah longsor, dua orang telah ditemukan Minggu malam (30/6/2024), sekitar pukul 22.55 WIB, dalam kondisi meninggal dunia, inisial JU dan MU.

Sedangkan satu orang, ditemukan dalam kondisi luka ringan atas nama A (23). Adapun seorang lagi masih dalam proses pencarian, yakni inisial GU.

Dari hasil laporan tim di lapangan, bencana alam ini juga mengakibatkan tanah dengan ketinggian 20 meter, lebar 40 meter dan kedalaman lima meter longsor. Dengan luas areanya mencapai sekitar 250 meter persegi.

Hingga Senin, Gatot menyatakan tim gabungan dari berbagai stakeholder terus melakukan pencarian korban menggunakan dua alat berat.

“Kami juga meminta segenap masyarakat untuk berhati-hati saat melakukan kegiatan di area yang memiliki potensi bencana alam, seperti, tanah longsor atau lainnya,” kata Gatot. (wld/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Rabu, 3 Juli 2024
28o
Kurs