Kamis, 19 September 2024

BMKG: Sebagian Besar Wilayah Indonesia Berawan hingga Hujan Lebat Hari Ini

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi hujan deras diprakirakan mengguyur berbagai kota pada hari ini. Foto: Getty Images

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca di sebagian besar wilayah Indonesia akan berawan hingga hujan dengan intensitas ringan hingga lebat pada Kamis (22/8/2024).

“Di wilayah Jawa, cuaca umumnya berawan, seperti di Jakarta, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya. Sementara itu, wilayah Serang dan Bandung diperkirakan mengalami hujan ringan,” ujar Andika F. Hapsari prakirawan BMKG dilansir dari Antara.

Di wilayah Sumatera, hujan ringan diprediksi terjadi di Pekanbaru, Padang, Tanjung Pinang, dan Palembang. Jambi dan Lampung akan diselimuti kabut serta awan tebal, sementara Banda Aceh, Medan, Bengkulu, dan Pangkal Pinang berpotensi diguyur hujan lebat disertai petir.

“Cuaca di Denpasar, Mataram, dan Kupang diperkirakan cerah berawan hingga berawan,” tambahnya.

Di Kalimantan, hujan dengan intensitas tinggi berpotensi terjadi di Pontianak, Palangka Raya, dan Tanjung Selor, sementara hujan ringan diperkirakan terjadi di Samarinda dan Banjarmasin.

Untuk wilayah Sulawesi, hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi yang bisa disertai kilat diprediksi terjadi di Gorontalo, Mamuju, Palu, Manado, dan Kendari, sedangkan Makassar diperkirakan diselimuti awan tebal.

Di Indonesia bagian Timur, daerah seperti Ambon, Sorong, Nabire, Manokwari, Jayapura, dan Jayawijaya berpotensi mengalami hujan ringan hingga sedang, sementara Ternate dan Merauke diperkirakan mengalami hujan lebat.

“Bagi yang ingin mengetahui cuaca secara khusus yang diperbarui setiap tiga jam, dapat memantau di aplikasi BMKG,” kata Andika F. Hapsari. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 19 September 2024
33o
Kurs