Kamis, 17 Oktober 2024

BMKG Prediksi Cuaca di Jakarta Cerah Saat Hari Pelantikan Prabowo-Gibran

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi Jakarta Cerah. Foto: Antara

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi kondisi cuaca cerah saat hari pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Raka Bumingraka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029, Minggu (20/10/2024) mendatang di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

“Cuaca Jakarta di sekitar Senayan pada Minggu cerah pagi harinya. Kondisi cuaca normal untuk masyarakat yang hendak menyaksikan langsung pelantikan,” kata A. Fachri Radjab Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG di Jakarta, Kamis (17/10/2024) dilansir Antara.

Fachri menjelaskan secara rinci berdasarkan hasil pengamatan tim BMKG, saat hari pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, cuaca di Jakarta diperkirakan cerah pada pagi mulai pukul 05.00 – 12.00 WIB, dengan kecepatan angin normal tiga kilometer per jam dari arah barat daya, dan kelembapannya 90 – 67 persen.

Kemudian, pada pukul 13.00 – 16.00 WIB diperkirakan cerah berawan dengan kecepatan angin normal 11 kilometer per jam dari arah utara, dan kelembapannya 60-67 persen.

​​​​​Sementara pada malam harinya pukul 19.00 WIB diprakirakan turun hujan intensitas ringan dengan kecepatan angin delapan kilometer per jam dari arah timur laut, lalu akan kembali cerah pada pukul 22.00 WIB.

“Intinya normal, tidak ada yang signifikan berdasarkan data kami. Tentu akan di monitor terus. Sehingga, acara khidmat, aman dan lancar,” imbuhnya.

Sebelumnya, Ahmad Muzani Ketua MPR RI mengatakan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada Minggu, akan dimulai pukul 10.00 WIB di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Dalam acara itu, kandidat peserta Pilpres 2024 dan seluruh pimpinan partai politik peserta Pemilu 2024 diundang untuk menghadiri prosesi pelantikan.

Rangkaian acara seperti tradisi pelantikan yang telah berjalan sebelumnya, yaitu diawali dengan pembukaan, pembacaan surat keputusan KPU, prosesi pelantikan, pembacaan berita acara, pidato presiden baru, dan penutup. (ant/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Kamis, 17 Oktober 2024
31o
Kurs