Jumat, 20 September 2024

BMKG Prediksi Cuaca Berawan dan Hujan Ringan di Kota-Kota Besar Indonesia

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi cuaca cerah di Pantai Pacet Tulungagung. Foto: Pratama suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan kondisi cuaca di kota-kota besar di Indonesia pada umumnya berawan hingga hujan intensitas ringan pada Selasa (13/8/2024).

“Di wilayah Jawa, umumnya cuaca berawan diprakirakan di Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya. Sementara itu, wilayah Serang diprediksi hujan ringan,” kata Maria Klaudiana prakirawan BMKG.

Dilansir dari Antara, untuk wilayah Sumatera, cuaca hujan ringan diprakirakan terjadi di Banda Aceh, Medan, Tanjung Pinang, dan Jambi.

Di kota lainnya seperti di Padang, Pangkal Pinang, dan Bengkulu cuaca diprediksi berawan tebal, sementara Pekanbaru dan Lampung diprakirakan cuaca cerah berawan.

“Di wilayah Denpasar, Mataram, dan Kupang diprakirakan cerah berawan,” katanya.

Selanjutnya, di wilayah Kalimantan hujan dengan intensitas tinggi berpotensi terjadi di Pontianak dan Tanjung Selor. Hujan dengan intensitas ringan berpotensi terjadi di Palangkaraya, Samarinda, dan Banjarmasin.

Berpindah ke wilayah Sulawesi, sejumlah wilayah seperti Makassar dan Gorontalo diprediksi berawan. Sementara itu, Palu, Mamuju, dan Manado diprediksi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat. Sementara itu, Kendari diprediksi berkabut.

Di wilayah timur Indonesia, diprakirakan sejumlah daerah seperti Ternate, Sorong, Ambon, Nabire, Manokwari, Merauke, Jayapura, dan Jayawijaya hujan ringan hingga sedang. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
27o
Kurs