Senin, 7 Oktober 2024

BMKG Prakirakan Sebagian Besar Wilayah Indonesia Hujan pada Kamis Hari Ini

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi hujan deras diprakirakan mengguyur berbagai kota pada hari ini. Foto: Getty Images

BMKG memperkirakan cuaca di sebagian besar wilayah Indonesia pada Kamis (3/10/2024) berpotensi mengalami hujan dengan intensitas ringan.

“Diawali dari Pulau Sumatera, kondisi cuaca berawan diperkirakan terjadi di wilayah Pekanbaru, Riau,” terang Hasalika Nurjana prakirawan BMKG dilansir Antara.

Di wilayah Tanjung Pinang, Kepulauan Riau (Kepri), hujan dengan intensitas ringan diprediksi akan terjadi, sementara Kota Padang berpotensi hujan lebat. Hujan yang disertai kilat dan petir diperkirakan melanda wilayah Aceh dan Medan.

Hujan dengan intensitas ringan juga diperkirakan terjadi di Jambi, Bengkulu, Palembang, dan Pangkal Pinang. Sementara itu, wilayah Lampung diprediksi akan mengalami hujan dengan intensitas sedang.

“Untuk Pulau Jawa, kondisi cuaca kabur diprakirakan terjadi di wilayah Semarang dan Surabaya,” tambah Hasalika.

Di wilayah Yogyakarta, cuaca cerah berawan diprediksi akan mendominasi, sedangkan hujan ringan diperkirakan melanda Jakarta, Serang, dan Bandung.

Beranjak ke Bali dan Nusa Tenggara, kondisi cuaca berawan hingga berawan tebal diperkirakan terjadi di Kupang dan Denpasar, sementara Mataram diprediksi mengalami hujan ringan.

Di Pulau Kalimantan, hujan ringan diperkirakan akan terjadi di Pontianak dan Samarinda. Namun, wilayah Tanjung Selor, Palangka Raya, dan Banjarmasin harus waspada terhadap potensi hujan yang dapat disertai kilat dan petir.

“Kondisi cuaca berawan diperkirakan terjadi di Makassar, Sulawesi,” tuturnya.

Di wilayah Sulawesi lainnya, hujan ringan diperkirakan terjadi di Palu dan Kendari, sedangkan hujan dengan intensitas sedang diprediksi melanda Gorontalo dan Manado. Di Mamuju, hujan yang disertai kilat dan petir juga berpotensi terjadi.

Terakhir, untuk wilayah Maluku dan Papua, hujan ringan diperkirakan terjadi di Ternate, Ambon, Sorong, Nabire, Manokwari, Jayapura, Jayawijaya, dan Merauke. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Senin, 7 Oktober 2024
34o
Kurs