Sabtu, 6 Juli 2024

BMKG Prakirakan Hujan Lebat Mengguyur Surabaya pada Hari Ini

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Hujan diprakirakan membasahi sejumlah kota. Siapkan payung dan jas hujan Anda! Foto: Getty Images

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan hujan lebat disertai petir mengguyur Surabaya dan sejumlah wilayah lain di Jawa Timur (Jatim) pada Kamis (4/7/2024) hari ini.

Berdasarkan data yang disampaikan prakirawan BMKG Juanda, hujan intensitas lebat disertai petir diprakirakan terjadi pada pagi hari di wilayah Gresik, Nganjuk, Malang, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Sampang, dan Sumenep.

Cuaca pada siang hingga sore hari ini juga diprakirakan hujan lebat di wilayah Surabaya, Gresik, Ponorogo, Trenggalek, Blitar, Malang, Probolinggo, Lumajang, dan Situbondo.

Lalu hujan lebat disertai petir pada malam hari diprakirakan akan membasahi kawasan Malang dan Sumenep.

Kemudian cuaca pada dini hari diprakirakan cerah, berawan, berkabut, dengan potensi hujan intensitas ringan hingga sedang.

Suhu udara hari ini berkisar antara 14 hingga 34 derajat Celsius, dengan kelembapan udara 55 hingga 100 persen.

Angin dominan bertiup dari arah timur ke tenggara dengan kecepatan antara lima hingga 30 kilometer per jam.

Sementara itu, BMKG Tanjung Perak menyatakan potensi hujan ringan hingga lebat dapat terjadi di wilayah perairan Jatim pada hari ini.

Arah angin didominasi dari timur ke tenggara dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur 23 knots (41 km/jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 22 knot (40 km/jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0,3-1,3 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0,5-2,0 meter, dan di Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1,3-3,3 meter. (saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Sabtu, 6 Juli 2024
28o
Kurs