Kamis, 17 Oktober 2024

BMKG Prakirakan Hujan Lebat dan Petir Diprediksi Melanda Sejumlah Wilayah Indonesia

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi hujan deras diprakirakan mengguyur berbagai kota pada hari ini. Foto: Getty Images

BMKG memprakirakan sebagian besar wilayah di Indonesia berpotensi dilanda hujan, mulai dari hujan berintensitas ringan hingga hujan disertai petir atau kilat pada Rabu (16/10/2024).

Pramudhian Prakirawan BMKG menyampaikan, hujan berintensitas ringan berpotensi terjadi di sepuluh daerah, yakni Medan, Sumatera Utara; Tanjung Pinang, Kepulauan Riau; Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung; Serang, Banten; Bandung, Jawa Barat; Ambon, Maluku; Sorong, Papua Barat; Manokwari, Papua Barat; Jayapura, Papua; dan Merauke, Papua,” kata dia.

Berikutnya, terdapat lima daerah yang diprediksi oleh BMKG berpotensi dilanda hujan dengan intensitas sedang, meliputi Gorontalo; Manado, Sulawesi Utara; Palu, Sulawesi Tengah; Nabire, Papua; dan Jayawijaya, Papua Pegunungan.

“Lalu, hujan deras yang dapat disertai petir diprakirakan terjadi di sebelas daerah lainnya,” ucap Pramudhian dilansir dari Antara.

Sebelas daerah itu adalah Aceh; Pekanbaru, Riau; Jambi; Palembang, Sumatera Selatan; Tanjung Selor, Kalimantan Utara; Samarinda, Kalimantan Timur; Banjarmasin, Kalimantan Selatan; Palangka Raya, Kalimantan Tengah; Pontianak, Kalimantan Barat; Mamuju, Sulawesi Barat; dan Ternate, Maluku Utara.

Selain wilayah-wilayah itu, BMKG memprediksi keadaan cuaca di sejumlah wilayah lainnya adalah berawan hingga berawan tebal. Terdapat satu daerah dengan kondisi cuaca berawan, yakni Denpasar, Bali. Sementara itu, cuaca berawan tebal diprediksi terjadi di Padang, Sumatera Barat; Bengkulu; Lampung; Jakarta; Semarang, Jawa Tengah; dan Yogyakarta.

Berikutnya, Surabaya, Jawa Timur; Mataram, Nusa Tenggara Barat; Kupang, Nusa Tenggara Timur; Makassar, Sulawesi Selatan; dan Kendari, Sulawesi Tenggara.

Menurut Pramudhian, informasi cuaca tersebut merupakan gambaran cuaca secara umum di masing-masing wilayah di Indonesia. Ia mengatakan masyarakat dapat mengetahui informasi terkini yang telah diperbaharui setiap tiga jam sekali di aplikasi Info BMKG. (ant/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Kamis, 17 Oktober 2024
37o
Kurs