Rabu, 25 September 2024

BMKG Prakirakan Hujan di Mayoritas Kota Besar Indonesia, Waspada Banjir Rob dan Cuaca Ekstrem

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi hujan deras diprakirakan mengguyur berbagai kota pada hari ini. Foto: Getty Images

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan mayoritas wilayah di Indonesia akan mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga lebat pada Rabu (25/9/2024).

Menurut Andika Hapsari prakirawan BMKG, daerah konvergensi di sekitar barat laut Kalimantan, Samudra Pasifik sebelah timur Filipina, serta perairan barat Aceh, Laut Natuna, dan Kepulauan Riau meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan.

Dilansir dari Antara, kondisi ini juga didukung oleh adanya bibit siklon tropis dan low level jet konvergensi di area tersebut.

BMKG memprakirakan hujan sedang hingga lebat yang berpotensi disertai petir dan angin kencang akan melanda beberapa kota besar, seperti Medan, Jambi, Bengkulu, Palembang, Yogyakarta, Tanjung Selor, Pontianak, Palangkaraya, dan Mamuju.

Sementara itu, kota-kota besar lain seperti Banda Aceh, Padang, Pekanbaru, Tanjung Pinang, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Mataram, Samarinda, Banjarmasin, Manado, Palu, Makassar, Jayapura, Jayawijaya, Merauke, Nabire, Sorong, dan Manokwari diprakirakan akan mengalami hujan ringan hingga sedang.

Beberapa wilayah seperti Denpasar, Kupang, Gorontalo, Kendari, Ambon, dan Ternate diprediksi hanya mengalami kondisi berawan.

Selain cuaca, BMKG juga mengimbau masyarakat pesisir untuk waspada terhadap potensi banjir rob, terutama di pesisir Sumatera Utara, pesisir utara Jakarta, pesisir utara Jawa Tengah, dan pesisir barat Surabaya.

BMKG juga memberikan peringatan terkait kondisi tinggi gelombang air laut yang diperkirakan mencapai 0,5 hingga 2,5 meter di beberapa wilayah perairan Indonesia.

Selain itu, potensi kebakaran hutan dan lahan di beberapa wilayah, seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara, dan sebagian kecil Papua bagian selatan, juga perlu diwaspadai.

Dengan kondisi cuaca yang beragam ini, BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan memantau perkembangan prakiraan cuaca secara berkala. (ant/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Rabu, 25 September 2024
33o
Kurs