Sabtu, 7 September 2024

BMKG Prakirakan Cuaca Mayoritas Wilayah Indonesia Tertutup Awan

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi cuaca cerah dan berawan. Foto: Pratama suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) RI memprakirakan mayoritas wilayah Indonesia tertutup awan pada hari Kamis (25/7/2024) hari ini.

Dilansir dari Antara, untuk wilayah Jawa, potensi cerah berawan hingga berawan terdapat di wilayah Serang, Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta.

“Sementara untuk wilayah Semarang dan Surabaya diprediksi berawan tebal,” kata Dendi Rona Purnama prakirawan BMKG.

Adapun di wilayah Sumatera, cuaca berawan hingga cerah berawan diprakirakan terjadi di Banda Aceh, Tanjung Pinang, Pangkal Pinang, dan Palembang. Sementara di wilayah Jambi dan Bandar Lampung diprakirakan terjadi udara kabut.

Kemudian, cuaca berawan yang lebih tebal, lanjutnya, diprakirakan terjadi di Medan, Pekanbaru, Padang, dan Bengkulu.

“Di wilayah Bali dan Nusa Tenggara, untuk wilayah Mataram berpotensi berawan tebal, wilayah Kupang berpotensi berudara kabur, sementara untuk wilayah Denpasar diprediksi hujan ringan,” ujarnya.

Selanjutnya, di wilayah Kalimantan cuaca berawan tebal diprediksi terjadi di Pontianak, Palangkaraya, dan Banjarmasin. Sementara hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di Samarinda, serta hujan dengan disertai petir diprakirakan terjadi di Tanjung Selor.

Berpindah ke wilayah Sulawesi, lanjutnya, sejumlah wilayah seperti Mamuju, Kendari, dan Gorontalo diprediksi akan terjadi hujan ringan, sementara Manado diprakirakan akan terjadi hujan dengan disertai petir.

Adapun Makassar, kata dia, diprakirakan berawan tebal, serta Palu diprakirakan diliputi asap/kabut.

Di wilayah Indonesia Timur, paparnya, wilayah Sorong diprakirakan terjadi udara kabur, serta sejumlah daerah seperti Ambon, Nabire, Manokwari, dan Jayapura diprakirakan hujan ringan.

Sementara hujan lebat diprakirakan turun di Jayawijaya dan hujan disertai petir diprakirakan terjadi di Merauke. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Sabtu, 7 September 2024
29o
Kurs