Kamis, 12 September 2024

BMKG Pastikan Indonesia Aman dari Dampak Gempa 7,1 Magnitudo di Rusia

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Peta pusat gempa bumi di Kamchatka, Rusia yang berkekuatan 7,0 magnitudo dan telah dimutakhirkan menjadi Mw7,1, Minggu (18/8/2024). Foto: Antara

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan Indonesia aman dari dampak gempa bumi berskala 7,1 magnitudo yang mengguncang perairan Rusia, Minggu (16/8/2024) dini hari.

“Berdasarkan hasil pemodelan tsunami dan analisis yang dilakukan oleh tim BMKG, gempa bumi ini tidak berdampak signifikan di wilayah Indonesia,” kata Daryono Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG di Jakarta, Minggu (18/8/2024) dilansir Antara.

Oleh karena itu, Daryono mengimbau masyarakat di tanah air untuk tetap tenang dan tidak percaya dengan informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, selain yang diterbitkan oleh BMKG.

Sebelumnya, gempa berkekuatan 7,0 magnitudo dilaporkan terjadi di Kamchatka, Rusia dan telah dimutakhirkan menjadi M 7,1 pada Minggu pukul 02.10 WIB.

Episenter gempa terletak di laut pada koordinat 52,97° LU 160,01° BT dengan kedalaman 35 kilometer.

Gempa tersebut dilaporkan merupakan jenis gempa dangkal yang diduga dipicu aktivitas subduksi Kuril-Kamchatka dengan mekanisme sesar naik atau thrust fault.

Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) memberikan informasi bahwa gempa ini berpotensi menimbulkan tsunami lokal di wilayah Rusia. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 12 September 2024
24o
Kurs