Sabtu, 28 September 2024

Biro Pemberitaan Parlemen Raih IDeaward 2024 Berkat Inovasi Lomba Konten Aspirasi

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Indra Pahlevi Kabiro Pemberitaan Setjen DPR RI menerima penghargaan Ideaward 2024 dalam ajang IdeaFest, Jumat (27/9/2024), di Jakarta. Foto: istimewa

Biro Pemberitaan Parlemen Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI menorehkan prestasi dengan meraih penghargaan bergengsi di ajang IDeaward 2024 yang diselenggarakan oleh Ideafest 2024, Jumat (27/9/2024), di Jakarta.

Indra Pahlevi Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Setjen DPR RI menerima langsung penghargaan kategori “Penghargaan Kreatif untuk Instansi Pemerintah 2024”.

Penghargaan tersebut diperoleh berkat terobosan dalam menggelar Lomba Konten Aspirasi (Lokas) yang digagas oleh Bagian Media Cetak, Media Sosial, dan Analis Media di bawah pimpinan M. Ibnurkhalid.

Lokas berhasil menjadi wadah bagi masyarakat, terutama generasi Z dan milenial, untuk menyampaikan aspirasi mereka melalui konten digital.

Dalam wawancara setelah menerima penghargaan, Indra Pahlevi mengungkapkan rasa syukurnya.

“Pertama, saya ucapkan syukur Alhamdulillah. Terima kasih kepada Tuhan Allah SWT dan juga Ideafest 2024 atas penghargaan ini. Lokas ini lahir dari gagasan teman-teman di Bagian Media Cetak, Media Sosial, dan Analis Media yang berpikir bahwa generasi Z dan milenial punya cara unik untuk menyampaikan aspirasi mereka. Maka dari itu, kami menciptakan wadah berbasis digital,” ujarnya.

Lokas disambut antusias oleh masyarakat, dikuti oleh 262 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia, mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga masyarakat umum dan akademisi.

Setelah proses seleksi yang ketat, hanya 10 finalis yang terpilih dan di antara mereka dipilih tiga pemenang dengan konten yang dinilai inspiratif dan kreatif.

Indra menambahkan, dewan juri yang juga melibatkan anggota DPR, akan menyampaikan semua aspirasi yang masuk ke komisi-komisi terkait di DPR.

“Misalnya, aspirasi terkait pendidikan akan disampaikan ke Komisi X, soal pengangguran akan kami teruskan ke komisi terkait ekonomi, dan masalah kejahatan terhadap anak akan kami serahkan ke komisi terkait lainnya,” ungkapnya.

Selain itu, aspirasi tentang literasi keuangan, khususnya mengenai maraknya korban pinjaman online, juga akan diteruskan ke Komisi XI yang membidangi sektor keuangan. Dengan mekanisme seperti itu, diharapkan setiap aspirasi yang diterima melalui Lokas dapat ditindaklanjuti DPR secara optimal.

Penghargaan IDeaward 2024 itu menjadi bukti nyata inovasi dan kreativitas Setjen DPR RI mampu menciptakan wadah bagi masyarakat untuk menyuarakan pandangan mereka. Sekaligus menjadi jembatan penghubung antara rakyat dan wakil-wakilnya di parlemen.

Lokas diharapkan dapat terus berlanjut sebagai ajang tahunan yang memberi ruang bagi aspirasi publik. Supaya dapat dikaji lebih lanjut oleh DPR RI, serta meningkatkan partisipasi aktif generasi muda dalam kehidupan demokrasi.(rid/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Sabtu, 28 September 2024
29o
Kurs