Sabtu, 7 September 2024

Biden Mengaku Mundur dari Pilpres AS untuk Menyatukan Bangsa

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Joe Biden Presiden AS menyampaikan pidato dari Ruang Oval Gedung Putih di Washington pada Rabu (24/7/2024) tentang keputusannya untuk membatalkan pencalonan presiden dari Partai Demokrat. Foto: Reuters

Joe Biden Presiden AS mengatakan mundur dari pencalonan presiden adalah cara terbaik untuk menyatukan negara. Meski ia mengaku berambisi untuk memenangkan masa jabatan kedua.

Selepas mundur dari bursa, Biden telah menyatakan dukungan kepada wakil presidennya, yakni Kamala Harris sebagai kandidat presiden dari Partai Demokrat.

Dalam pidatonya kepada rakyat dari Ruang Oval pada Rabu (24/7/2024) waktu steempat, Biden mengatakan bahwa ia yakin dirinya layak dipilih kembali karena rekam jejaknya selama masa jabatan pertamanya.

“Namun, tidak ada yang dapat menghalangi kita untuk menyelamatkan demokrasi kita. Termasuk ambisi pribadi,” katanya dilansir Reuters.

“Jadi, saya memutuskan bahwa cara terbaik untuk maju adalah menyerahkan tongkat estafet kepada generasi baru. Itulah cara terbaik untuk mempersatukan bangsa kita,” tegas Biden.

Kamala Harris akan menjadi wanita pertama yang terpilih sebagai presiden jika ia menang pada tanggal 5 November nanti. Dalam tiga hari sejak keputusan Biden, Harris telah menarik dukungan luas di seluruh Partai Demokrat dan merevitalisasi kampanye pemilihannya.

Biden memuji Harris sebagai pemimpin kuat yang akan menjadi presiden yang efektif.

“Dia berpengalaman, tangguh, dan cakap. Dia telah menjadi mitra yang luar biasa bagi saya dan pemimpin bagi negara kita. Sekarang pilihannya ada di tangan Anda, rakyat Amerika,” ujarnya. (saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Sabtu, 7 September 2024
29o
Kurs