Minggu, 8 September 2024

Biden Kerja Sama dengan Netanyahu untuk Wujudkan Kesepakatan Sandera di Gaza

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Joe Biden Presiden Amerika Serikat (kiri) bersama Benjamin Netanyahu Perdana Menteri Israel. Foto: Israel GPO Joe Biden Presiden Amerika Serikat (kiri) bersama Benjamin Netanyahu Perdana Menteri Israel. Foto: Israel GPO

Joe Biden Presiden Amerika Serikat (AS) akan fokus bekerja sama dengan Benjamin Netanyahu Perdana Menteri Israel untuk mewujudkan kesepakatan dalam beberapa pekan mendatang mengenai para sandera yang ditahan di Gaza.

“Presiden akan memfokuskan energinya bersama Netanyahu Perdana Menteri soal apa yang diperlukan untuk bekerja sama (terkait pembebasan sandera),” kata Jake Sullivan Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih, Jumat (19/7/2024) waktu AS, dilansir Antara.

Sullivan menambahkan, AS juga akan bekerja sama dengan penjamin dan mediator lainnya agar kesepakatan bisa tercapai dalam beberapa pekan mendatang.

Sebelumnya pada Kamis (18/7/2024) lalu, Netanyahu mengonfirmasi bahwa ia berencana untuk mengunjungi Washington pekan depan dalam rangka berbicara di hadapan Kongres AS.

Awal bulan ini, Israel dan Hamas melalui mediator melanjutkan pembicaraan tentang gencatan senjata di Gaza sebagai imbalan atas pengembalian sandera Israel.

Pembicaraan itu sebelumnya telah dibekukan sejak Mei, ketika Joe Biden mengumumkan rencana untuk kesepakatan gencatan senjata di Jalur Gaza serta pertukaran sandera.

Israel melancarkan operasi militer di Jalur Gaza sebagai tanggapan atas serangan di wilayahnya oleh gerakan Palestina Hamas pada 7 Oktober 2023.

Sedikitnya 120 sandera masih ditahan oleh Hamas di wilayah Palestina tersebut, dan lebih dari 40 di antara sandera itu dianggap sudah meninggal, menurut pejabat Israel.

Selama berbagai operasi upaya kemanusiaan, 135 orang telah dibebaskan dari penawanan. Jumlah itu termasuk para sandera yang meninggal dan jasadnya dibawa keluar dari wilayah tersebut. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
26o
Kurs