Minggu, 8 September 2024

Bertemu Menhan AS, Prabowo Bahas Modernisasi Alutsista Indonesia

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan

Prabowo Subianto Menteri Pertahanan (Menhan) RI bertemu dengan Lloyd J Austin III Menhan Amerika Serikat (AS) di sela-sela kegiatan forum IISS Shangri-La Dialoge 2024 di Singapura, untuk membahas modernisasi alat utama sistem pertahanan (alutsista).

Melansir Antara, Prabowo saat itu menyampaikan apresiasinya terhadap dukungan AS dalam kerja sama untuk memodernisasi peralatan pertahanan Indonesia untuk memenuhi kekuatan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

“Hal ini penting untuk pemenuhan kekuatan pokok TNI,” kata Prabowo dalam keterangan resmi Kemenhan yang diterima di Jakarta, Minggu (2/6/2024).

Selain membahas modernisasi alutsista, menurutnya pertemuan itu dilakukan untuk membahas penguatan kemitraan jangka panjang antara kedua negara, dan mendiskusikan masalah kepentingan bersama.

Prabowo yang juga Presiden Terpilih RI itu mengatakan, kedua negara juga menyadari pentingnya kerja sama bilateral dalam modernisasi pertahanan untuk mengembangkan kemampuan dalam menghadapi berbagai ancaman dengan efektif.

Dia juga menyampaikan terima kasih atas diskusi yang produktif antara Indonesia dan AS, dan berharap dapat terus berkolaborasi, serta memperkuat ikatan antara Indonesia dan AS.

Sebelumnya, Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan RI, Jumat (31/5/2024), menjelaskan kehadiran Prabowo dalam forum internasional itu menunjukkan peran aktif Indonesia untuk turut serta menjaga perdamaian dunia dan memelihara stabilitas.

Dia mengatakan Shangri-La Dialogue menjadi kesempatan bagi para pemimpin negara-negara dan pemangku kepentingan bidang pertahanan untuk membahas isu-isu strategis dan keamanan global.​​​​​​​

Shangri-La Dialogue merupakan forum diskusi isu-isu strategis, geopolitik, pertahanan dan keamanan yang mempertemukan pemimpin negara, pejabat pemerintahan, analis dan ahli dari lembaga think-tank, praktisi serta akademisi. Forum itu digelar rutin tiap tahun di Singapura sejak 2002 oleh Institute for Strategic Studies (IISS). (ant/bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
26o
Kurs